Dark/Light Mode

Bursa Capres PAN

Prabowo Atau Ganjar?

Selasa, 23 Mei 2023 07:50 WIB
Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto. (Foto: Antara)
Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) dalam waktu dekat ini akan memutuskan paslon di Pilpres 2024 yang akan didukungnya. Kabarnya, untuk nama capres mengerucut kepada dua tokoh nasional. Yaitu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ke mana lebih berat?

 “Condong ke dua-duanya, he..he,” ujar Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Yandri mencoba merasionalisasikan partainya condong kepada Ganjar dan Prabowo. Ganjar, katanya, merupakan satu di antara nama capres yang muncul dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I dan II. Namanya muncul bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga : Imin Usahanya Paling Keras

Sementara Prabowo, katanya, merupakan tokoh yang saat ini paling intensif berkomunikasi dengan Zulhas. Pun, Rakernas PAN memberikan hak preogratif kepada Menteri Perdagangan itu memutuskan, siapa yang nanti­nya akan dijagokan partai yang dipimpinnya.

“Belum tahu apa yang mesti diputuskan Bang Zul. Tapi ke­mungkinan menguat antara ke Pak Ganjar dan Pak Prabowo, itu kemungkinan besar terjadi,” tegasnya. “Artinya ya bisa jadi antara Pak Ganjar atau Pak Prabowo yang diputuskan nanti,” tambahnya.

Ihwal ini, Yandri mengung­kapkan sejumlah elit PAN akan berkumpul di kantor DPP PAN, Jakarta, pada Selasa (23/5) malam. Pertemuan itu, akan mem­bahas isu kekinian, termasuk masalah kontestasi Pilpres 2024.

Baca juga : Relawan MPG: Bakal Capres Lain Tak Sebanding Dengan Ganjar

Apalagi, kata Yandri, PAN juga kerap berkomunikasi dengantokoh atau pihak luar terkait pilihan dukungan untuk Pilpres 2024. Di antaranya, denganPartai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah tergabung di dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

“Keputusan pasti siapa capres yang akan PAN dukung bakal di­tentukan kurang dari satu bulan lagi,” tutupnya.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno menjawab normatif apakah par­tainya akan mendukung Ganjar atau Prabowo di Pilpres 2024. Seperti diketahui, dua tokoh tersebut bukanlah kader dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas PAN, Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca juga : Ganjar-Prabowo Salip-Menyalip

Intinya, secara struktural par­tainya akan menjalankan ama­nah Rakernas 2021 dan 2022 yang telah memberikan mandat kepada Ketum Zulhas untuk menetapkan pilihan PAN di Pilpres 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.