Dark/Light Mode

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Naik Konsisten Sejak Januari

Selasa, 11 Juli 2023 21:17 WIB
Menhan Prabowo Subianto. Foto: Istimewa
Menhan Prabowo Subianto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sedang berada di tren menanjak sebagai Capres 2024 sejak Januari 2023.

Hal itu terungkap dari hasil survei nasional terkini Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Baca juga : Pilpres Diprediksi 2 Putaran, Finalnya Ganjar Versus Prabowo

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan merincikan, pada Januari 2023, Prabowo disebut memiliki suara sekitar 23,2 persen dan terpaut cukup jauh dari Ganjar Pranowo dengan 36,3 persen suara serta Anies Baswedan di angka 24,2 persen.

Lebih lanjut, LSI mengungkapkan bahwa selama tujuh bulan terakhir elektabilitas Prabowo melesat dengan stabil.

Baca juga : Survei LSI: Duet Ganjar - Erick Teringgi, Kalahkan Prabowo - Cak Imin

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu meraih posisi pertama dengan hasil perolehan suara 35,8 persen, disusul Ganjar 32,2 persen dan Anies 21,4 persen.

"Terjadi tren penguatan dukungan kepada Prabowo secara konsisten sejak Januari 2023 sampai sekarang. Jadi, selama tujuh bulan terakhir Prabowo mengalami penguatan. Sebaliknya, Ganjar itu mengalami penurunan tajam dari Januari 2023 ke April 2023," kata Djayadi Hanan, saat merilis hasil survei secara daring, Selasa (11/7).

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Naik, Pengamat: Ini Membuktikan Dia Capres Yang Inginkan

Survei LSI diselenggarakan pada tanggal 1-8 Juli 2023, dengan pemilihan sampel melalui metode random digit dialing (RDD).

Pengambilan data melalui wawancara dengan responden melalui telepon oleh pewawancara terlatih. Adapun margin of error ± 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.