Dark/Light Mode

Survei Voxpopuli: Head to Head, Prabowo Kalahkan Ganjar

Senin, 3 Juli 2023 17:15 WIB
Elektabilitas Calon Presiden. (Foto: Ist)
Elektabilitas Calon Presiden. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto diproyeksikan unggul dalam skenario Pilpres dua putaran ataupun hanya satu putaran. Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 39,0 persen pada simulasi tiga nama capres dan 49,8 persen jika head-to-head melawan Ganjar.

Jika Prabowo harus berhadapan dengan Ganjar, selisih elektabilitasnya mencapai 13 persen, di mana Ganjar tertinggal dengan raihan sebesar 36,1 persen. Sisanya sebanyak 14,1 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Survei Voxpopuli: PDIP-Gerindra Bersaing Ketat, Nasdem Kian Terpuruk

“Dalam skenario head-to-head, Prabowo berpeluang mengalahkan Ganjar,” ungkap Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, pada Senin (3/7).

Menurut Achmad, peta politik terbaru menuju gelaran Pilpres 2024 membuka peluang terbentuk tiga pasangan capres-cawapres ataupun hanya dua pasang. Tiga besar nama yang merajai bursa capres paling diunggulkan masuk dalam skenario tiga pasang, termasuk Anies Baswedan.

Baca juga : Survei Algoritma: Pemilih Jokowi Mayoritas Pilih Ganjar Pranowo

Pada skenario tersebut, Prabowo diprediksi unggul terhadap Ganjar dengan selisih elektabilitas 9 persen, yaitu meraih 30,6 persen. Jika dibandingkan dengan simulasi banyak nama, Prabowo mendapatkan tambahan dukungan hingga 13,3 persen, sedangkan Ganjar hanya 7,5 persen.

“Prabowo menjadi magnet yang menarik dukungan pemilih, jika nama-nama yang lain tidak bisa berlaga sebagai capres,” tandas Achmad. Anies tertinggal dengan elektabilitas 18,8 persen, atau hanya mendapatkan tambahan 3,0 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 11,6 persen.

Baca juga : Survei Populi: Elektabilitas 35,8 Persen, Ganjar Kembali Salip Prabowo

Jika dikerucutkan lagi menjadi hanya dua pasang, Prabowo mendapatkan banyak limpahan dukungan dengan tambahan 10,8 persen lagi dibandingkan skenario tiga pasang. Ganjar lagi-lagi hanya mendapat tambahan yang lebih sedikit, yaitu sebanyak 5,5 persen saja.

“Migrasi pemilih yang sangat besar mengarah pada sosok Prabowo, memperlihatkan kuatnya faktor endorsement Jokowi, di mana nama-nama capres yang lain sebagian besar adalah pendukung Jokowi atau bahkan dari lingkaran all president’s men,” jelas Achmad.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.