Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Survei LSI

Pilpres Diprediksi 2 Putaran, Finalnya Ganjar Versus Prabowo

Selasa, 11 Juli 2023 17:56 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sebuah acara kunjungan kerja. Foto: Istimewa
Menhan Prabowo Subianto bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sebuah acara kunjungan kerja. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan memprediksi Pilpres 2024 ini akan diikuti oleh tiga poros.

Yaitu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Ketiga itu maju, dan akan ada putaran kedua," ujar Djayadi, saat merilis hasil survei nasional LSI bertajuk Peta Kompetisi Pilpres dan Sikap Publik terhadap Isu-isu Nasional yang digelar secara daring, Selasa (11/7).

Baca juga : Survei LSI: Duet Ganjar - Erick Teringgi, Kalahkan Prabowo - Cak Imin

Prediksinya, Anies yang diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem akan tumbang di putaran pertama. Selanjutnya, akan mempertemukan Ganjar melawan Prabowo.

Menilik hasil survei LSI, belum ada perubahan peta yang berarti soal kompetisi Pilpres dan Pileg. Tiga nama teratas untuk bakal calon presiden masih diduduki oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

"Dalam simulasi top of mind dan 19 nama, Prabowo dan Ganjar bersaing ketat dengan tingkat dukungan yang secara statistik sama. Namun dalam tiga dan dua nama, Prabowo cenderung unggul lebih signifikan," sebutnya.

Baca juga : Ganjar, Prabowo Dan Anies, Kawan

Rinciannya, di simulasi 19 nama, Prabowo berada di posisi puncak dengan angka 25,3 persen. Menempel ketat Ganjar melalui raihan 25,1 persen.

Selanjutnya, Anies di peringkat ketiga dengan angka cukup jauh sebesar 14,4 persen. Di simulasi tiga nama, Prabowo unggul dengan angka 35,8 persen.

Ganjar, mencoba mengejar di angka 32,2 persen. Sementara, Anies tertinggal cukup jauh di kisaran 21,4 persen. Sisanya, sebesar 10,6 persen tidak menjawab.

Baca juga : Survei Capres IPN: Prabowo 42,3 Persen, Ganjar 37,4 Persen, Anies Cuma 17 Persen

Diketahui, survei ini dlakukan terhadap 1242 responden melalui metode random digit dialing (RDD) atau menggunakan saluran telepon.

Margin of error survei diperkirakan ±2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.