Dark/Light Mode

Komitmen Lestarikan Kebudayaan Bangsa

Pandawa Ganjar Bertemu Budayawan Dan Seniman Sunda

Minggu, 16 Juli 2023 09:33 WIB
Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan silaturahmi yang bertajuk Ngariung Bersama Seniman dan Budayawan Sunda di kawasan Sanggar Gembul CS, Desa Belendung, Kec. Klari, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat, Sabtu (15/7).
Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan silaturahmi yang bertajuk Ngariung Bersama Seniman dan Budayawan Sunda di kawasan Sanggar Gembul CS, Desa Belendung, Kec. Klari, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat, Sabtu (15/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan silaturahmi yang bertajuk 'Ngariung Bersama Seniman dan Budayawan Sunda' di kawasan Sanggar Gembul CS, Desa Belendung, Kec. Klari, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat, Sabtu (15/7).

Ketua relawan Pandawa Ganjar, Safrudin Abas mengatakan acara ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya Sunda yang kaya dan beragam. Ia menegaskan komitmen Pandawa Ganjar dalam mendukung, melestarikan serta mengapresiasi kekayaan tradisi yang budaya lokal yang ada di Indonesia. 

"Dalam rangka silaturami dengan para seniman, budayawan, para sepuh termasuk emak-emak yang hari ini ada. Kami memang dari awal konsisten mengangkat kebudayaan, karena bagi kami kebudayaan itu adalah instrumen untuk menyatukan yang beragam-ragam ini menjadi satu," kata Safas, sapaan Safrudin usai kegiatan.

Ia menyatakan acara ini menjadi momen penting dalam memperkuat solidaritas antara Pandawa Ganjar, seniman, budayawan, dan masyarakat. 

Baca juga : Komitmen Kapolri Lestarikan Budaya Indonesia Lewat Wayang Kulit Banjir Apresiasi

Safas juga berharap dengan adanya kegiatan silaturahmi ini kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya lokal semakin meningkat, serta menjadi momentum untuk menjaga dan memperkaya warisan budaya Sunda agar tetap hidup dan terjaga keasliannya.

"Kami berharap dengan semangat-semangat seperti ini, kami mengangkat kebudayaan ini, kami bisa menyatukan unsur kebudayaan, kepemudaan, sepuh, seniman untuk kita sama-sama mendorong gerakan Pandawa Ganjar untuk Pak Ganjar Pranowo ke depan," tuturnya.  

Selain itu, acara ini juga menjadi sarana sosialisasi dan pengumpulan aspirasi dari masyarakat seputar keberhasilan Ganjar Pranowo, serta komitmen bersama dalam menjaga dan menghidupkan kesenian dan budaya lokal, terutama di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dalam acara itu ditampilkan sejumlah tarian, seperti tari jaipong, kesenian tradisional yang dari Jawa Barat hingga hingga sejumlah pertunjukkan. 

Baca juga : Sopir Truk Dukung Ganjar Beri Bantuan Lampu Jalan Untuk Pangkalan Di Pandeglang

"Tadi ada aspirasi beberapa hal, termasuk harapan mereka untuk bagaimana ketika Pak Ganjar terpilih kedepan, selalu mengangkat kebudayaan-kebudayaan lokal, termasuk yang ada di daerah Karawang ini," tegas Safas. 

Salah seorang budayawan, Sukandi mengaku senang dengan adanya kegiatan ini karena Pandawa Ganjar memperhatikan peran dan kontribusi para seniman dan budayawan dalam melestarikan budaya Sunda. 

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Pandawa Ganjar memberikan perhatian dan penghargaan kepada mereka yang menjaga warisan budaya

Sukandi turut mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden periode 2024-2029. Ia menyakini bahwa dengan Ganjar Pranowo sebagai pemimpin, akan ada perhatian yang lebih besar terhadap seniman dan budayawan.

Baca juga : Hadirkan Sembako Terjangkau, Bazar Murah Sahabat Ganjar Diserbu Ratusan Emak-emak

"Mudah-mudahan Pak Ganjar itu seperti harapan saya, akan menjadi Presiden," kata Sukandi yang juga penasihat Paguyuban Eyang Singa Derpa, Kabupaten Karawang. 

Budayawan, seniman, dan masyarakat sangat menyambut baik acara ini. Mereka merasa senang dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh relawan Pandawa Ganjar dalam mengangkat dan melestarikan kebudayaan Sunda.

Para budayawan dan seniman melihat kegiatan ini sebagai langkah yang positif dalam memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada masyarakat yang lebih luas. Sementara itu, masyarakat yang hadir merasakan kehangatan dan kebersamaan yang tercipta dalam acara tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.