Dark/Light Mode

Hari Ini Jokowi Lantik Anggota Kabinet Baru

Budi Arie Naik Kelas Jadi Menkominfo..?

Senin, 17 Juli 2023 08:00 WIB
Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggi (Wamendes PDT), Budi Arie Setiadi. (Foto: Ist)
Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggi (Wamendes PDT), Budi Arie Setiadi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru. Calon Menkominfo yang baru dipastikan bukan NasDem lagi. Siapa dia? Nama yang beredar menempati kursi bekas Johnny G Plate adalah Ketum ProJo yang juga Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggi (Wamendes PDT), Budi Arie Setiadi. Benarkah? Kita tunggu saja.

Kabar bakal adanya reshuffle sekaligus pelantikan anggota kabinet baru tersebar lewat surat undangan dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Isinya, mengharapkan dengan hormat kehadiran bapak/ibu/saudara pada acara Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden oleh Presiden Joko Widodo, Senin (17/7) pukul 10.00 WIB di Istana Negara.

Baca juga : Rencananya Dilantik Besok, Budi Arie Kandidat Menkominfo, Prof. Paiman Wamendes

Namun, di surat undangan yang tersebar itu hanya berupa potongan bagian atas alias tidak utuh. Di bagian bawah yang biasanya berisi nama calon pejabat yang akan dilantik, justru terpotong.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini membenarkan soal surat undangan tersebut. Kata dia, surat undangan yang banyak tersebar itu, memang benar. Hari ini, kata Faldo, bakal ada pelantikan anggota kabinet baru di Istana Negara, Jakarta. "Rencananya begitu," jawab Faldo, semalam.

Baca juga : PMI Kudu Naik Kelas, Jadi Majikan Di Negeri Sendiri

Namun, siapa yang akan dilantik, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu, belum mau membocorkan. Ia meminta publik bersabar, dan menunggu proses pelantikan di Istana Negara.

"Untuk personel, besok saja ya (hari ini)," pesan mantan kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Baca juga : Hari Ini, Tiket Indonesia Vs Argentina Untuk Kategori Umum Ludes Dalam 5 Menit

Pihak Istana juga membenarkan, hari ini Jokowi akan melantik sejumlah pejabat baru. "Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Plt Menkominfo Mahfud MD mengamini Jokowi akan melantik Menkominfo dan sejumlah Wamen besok. Mahfud mengatakan, setelahnya dirinya akan melakukan serah jabatan di kantor Kominfo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.