Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Raih SoC, BKI Jadi Anggota Perhimpunan Badan Klasifikasi Dunia

Jumat, 3 Februari 2023 19:29 WIB
Tim Biro Klasifikasi Indonesia. (Foto: Dok. BKI)
Tim Biro Klasifikasi Indonesia. (Foto: Dok. BKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI mendapatkan Statement of Compliance (SOC), terhadap pemenuhan IACS Quality System Certification Scheme (QSCS), atas audit yang dilakukan The British Standards Institution (BSI) selama 2022.

Direktur Utama BKI yang juga induk Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Jasa Survey atau IDSurvey, Arisudono Soerono mengatakan, pencapaian ini penting bagi perseroan sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria, untuk dapat diterima sebagai anggota International Association of Classification Societies (IACS) atau perhimpunan Badan Klasifikasi kelas dunia.

“SOC QSCS yang kami dapatkan pada 31 Januari 2023 ini, menjadi pengawal tahun yang baik bagi BKI karena klasifikasi sebagai core business perusahaan semakin diperkuat dengan capaian SOC QSCS," ujarnya, dalam keterangan resminya, Jumat (3/2).

Baca juga : Lagi, Budi Arie Sebut Koalisi Perubahan Bakal Ambyar

Menurut Arisudono, pencapaian ini membuktikan bahwa BKI mampu bersaing di kancah global. Selama 2022, pihaknya terus mengupayakan pemenuhan terhadap QSCS, dengan melaksanakan sejumlah kegiatan Office Audit serta Vertical Contract Audit (VCA) di beberapa kantor cabang BKI. Yakni di antaranya, Batam, Surabaya, Banten, Belawan, Jakarta, Semarang dan Samarinda.

Sementara itu, Direktur Operasi IDSurvey R. Benny Susanto mengungkapkan, apresiasi terhadap seluruh insan BKI baik itu Kepala Unit, Surveyor, Engineer, serta staff support, baik di kantor pusat maupun di Unit Produksi yang turut serta menyukseskan capaian besar ini.

Ia menegaskan, capaian ini tidak dapat diraih tanpa adanya kinerja yang apik dari rekan-rekan Surveyor yang berkompeten. Serta, seluruh elemen yang terjun langsung dalam proses ini.

Baca juga : Dihadiri Para Anak Perusahaan INPP Paparkan Transformasi Bisnis Berkelanjutan

"SOC QSCS ini, menjadi gerbang untuk pemenuhan persyaratan IACS lainnya yang akan dilalui BKI. Kami optimis, dapat mencapai capaian tertinggi dan mampu bersaing di kancah global,” ujar Benny .

Benny menambahkan, sebagai Badan Klasifikasi satu-satunya milik Indonesia, BKI memiliki ambisi untuk terus mengembangkan kompetensi dan mendapatkan pengakuan hingga kelas internasional.

"Tentunya perlu dukungan penuh dari seluruh pihak, baik stakeholder dan pelanggan (ship owner).Agar ke depannya, BKI makin berkembang dan memperkuat bisnis klasifikasi sehingga menjadi Badan Klasifikasi berkelas dunia,” pungkad Benny. ■   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.