Dark/Light Mode

Proyek Strategis Nasional Di Jateng Berlanjut, Nilai Investasi Tembus Rp 258 T

Senin, 17 Juli 2023 19:22 WIB
Gubernur Jawa Tengah Jateng Ganjar Pranowo dan Menko Perekonomian Airlangga Hartato konferensi pers usai Rapat Koordinasi bidang perekonomian di Jakarta, Senin (17/7). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Jateng Ganjar Pranowo dan Menko Perekonomian Airlangga Hartato konferensi pers usai Rapat Koordinasi bidang perekonomian di Jakarta, Senin (17/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, memastikan pembangunan dan pelaksanaan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Jateng terus berjalan. Total ada 37 PSN dan 18 PSN dalam Perpres No 79 Tahun 2019 di Jateng dengan nilai investasi mencapai Rp 258,76 triliun.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pembahasan PSN di Jateng, yang diselenggarakan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI pada Senin (17/7).

Ganjar menyebutkan, beberapa proyek pengerjaan sedang berjalan dan akan diselesaikan sesuai dengan target penyelesaian, yakni pada Semester I Tahun 2024.

"Beberapa ruas tol yang belum selesai, semua sudah on going, beberapa bendungan yang belum selesai on going dan ada satu jalan tol yang menghubungkan antara Jawa Barat sampai Jawa Tengah di Cilacap, ini nanti akan dilakukan review terkait dengan target penyelesaian, dibangun paralel sehingga nanti industri tumbuh," ujar Ganjar usai rakor dengan Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

Baca juga : Bamsoet Buka Final Kejuaraan Nasional Drag Bike Putaran 2 Di Batam

Adapun PSN yang ada di Jateng terdiri dari beberapa sektor antara lain, tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cibaban, Bendungan Randugunting, Bendungan Pidekso, Pelabuhan Cilacap, Bandara Purbalingga, Bandara Ngloram dan double track kereta Jawa Selatan.

Selain itu, ada Kawasan Industri Batang, Bendungan Bener, Bendungan Jlantah dan Bendungan Jragung.

Kemudian yang masuk program PSN yakni Program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional DPSP Borobudur, Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan; Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung dan Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang hingga KEK Kendal.

Ganjar meyakini, dari banyaknya proyek PSN yang ada di Jateng jumlah investasi akan terus meningkat seiring berjalannya kolaborasi program pemerintah pusat dengan Pemprov Jateng untuk menarik investor sebanyak-banyaknya.

Baca juga : Hari Keluarga Nasional, Saatnya Berikan Makanan Bergizi Dengan Bijak Garam

Tak hanya itu, jumlah tenaga yang terserap untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Jateng juga naik. Hingga kini, total 66 ribu tenaga kerja di Jateng yang sudah terserap.

"Kita berharap nantinya kunjungan akan bisa memastikan terhadap investor juga makin yakin bahwa kita mengerjakan itu dengan serius dan mudah-mudahan target Pak Jokowi semua pekerjaan ini tuntas," kata Ganjar.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan, salah satu PSN utama di Jateng adalah Tol Semarang-Demak yang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai jalan penghubung, tol ini juga untuk menuntaskan masalah banjir menahun di wilayah Pantura.

Proyek tol sepanjang 24,74 kilometer ini juga menjadi model untuk pembangunan di wilayah Pantura berikutnya, yaitu pembangunan giant sea wall.

Baca juga : Posisinya Strategis, Indonesia Dan Thailand Jadi Surganya Investasi

Pembangunan giant sea wall ini nantinya akan mengurangi potensi banjir rob secara signifikan dan secara perlahan menuntaskan persoalan banjir rob, abrasi dan banjir hulu di Jateng.

"Salah satu PSN menjadi penting yaitu Tol Semarang-Demak yang berfungsi sebagai tanggul di pantai laut. Jadi selain jalan tol, itu menjadi tanggul dan ini menjadi model bisa dilanjutkan tidak hanya di Semarang, bisa ditarik sampai di Pantai Utara Jawa," kata Airlangga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.