Dark/Light Mode

Irwasum Polri Ingatkan Polda Kalteng Jaga Netralitas Di Pemilu 2024

Selasa, 18 Juli 2023 16:04 WIB
Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri
Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahapan Pemilu akan segera dimulai sejak Oktober 2024. Seluruh personel Polda Kalimantan Tengah (Kalteng)  untuk menjaga netralitas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

"Netralitas Polri pada Pemilu 2024 nantinya harus benar-benar dijaga, karena netralitas Polri itu sudah diatur dalam undang-undang. Polri harus bersifat netral," kata Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri saat melaksanakan kunjungan kerja ke Polda Kalteng, dikutip Antara Selasa (18/7).

Ia menyampaika, bahwa rangkaian pelaksanaan pemilu hanya beberapa bulan saja lagi. Maka dari itu seluruh personel terus giat berlatih terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sehingga kondisi keamanan di wilayah hukum Polda Kalteng benar-benar terjaga dengan baik sampai hari H pemilu.

Baca juga : Pemkab Muba Komit Jaga Netralitas ASN

Selain itu, lanjutnya para personel harus terus berlatih jangan sampai latihan pengamanan menjelang hari H saja. Sebab itu tidak akan maksimal ketika ada gangguan keamanan di lapangan.

"Teknis pengamanan harus dikuasai, jangan sampai tidak dikuasai apalagi tahapan pemilu akan dimulai sejak Oktober 2023 kampanye tertutup. Kemudian pada Februari 2024 pemilu akan dilaksanakan," ungkapnya.

Perwira Polri berpangkat bintang tiga itu menambahkan, kehadiran Polri di tengah masyarakat harus selalu menjadi pengayom, pelindung dan mensejahterakan mereka dalam bentuk apapun. Personel wajib melakukan komunikasi dengan baik dengan masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar merasa terbantu dengan adanya kehadiran personel kepolisian.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingatkan PNS Jaga Benteng Integritas Dan Profesional

"Saya berpesan para personel wajib menata diri dalam kesehariannya menggunakan media sosial, baik itu ketika berpakaian dinas serta melaksanakan tugas karena di era sekarang hal-hal tidak baik bisa menyeret sanak keluarga apabila melaksanakan hal seperti itu," ungkapnya.

Kemudian, Dofiri juga melakukan pengecekan kesiapan personel Polri yang nantinya akan menghadapi pemilu serentak pada tahun 2024.

Perwira dari Mabes Polri itu juga sangat yakin bahwa kesiapan yang dilihat kan personel Polda setempat, sudah sangat matang dan siap untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas di wilayah hukum Polda setempat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.