Dark/Light Mode

Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Unissula

Hakim Agung Haswandi Siap Bagi-Bagi Ilmu Hukum

Sabtu, 22 Juli 2023 08:47 WIB
Penyerahan surat keputusan SK dan sertifikat penetapan Profesor Kehormatan di bidang ilmu hukum dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek di kampus Unissula Jalan Kaligawe Semarang, Jumat (21/7). (Foto: Ist)
Penyerahan surat keputusan SK dan sertifikat penetapan Profesor Kehormatan di bidang ilmu hukum dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek di kampus Unissula Jalan Kaligawe Semarang, Jumat (21/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dr Haswandi SH SE MHum MM mendapat gelar Profesor Kehormatan dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Penyerahan surat keputusan (SK) dan sertifikat penetapan Profesor Kehormatan di bidang ilmu hukum dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini diberikan oleh Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH, Jumat (21/7) di kampus Unissula Jalan Kaligawe Semarang.

Haswandi yang kini berhak menyandang gelar Prof Dr Haswandi SH SE MHum MM adalah Hakim Agung Kamar Perdata Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia setelah sebelumnya menjabat Panitera Muda Perdata Khusus MA, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan MA, Hakim Tinggi DKI Jakarta, dan Ketua Pengadilan Jakarta Selatan.

Baca juga : Setelah Jaksa Agung, Ayo Siapa Lagi...

Rektor Unissula mengatakan, merupakan kebahagiaan Unissula dengan bertambah Profesor baru. Sebelum disetujui Kemendikbudristek, Haswandi telah melalui penilaian, dan dinyatakan layak, termasuk pertimbangan oleh anggota senat fakultas. Pengukuhan Profesor Kehormatan ini sesuai Peraturan Menteri Kemendikbudristek No. 38 tahun 2021 tentang pengukugan guru besar kehormatan dan diharapkan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Selain itu, gagasan dan idenya dipandang bisa menjadi salah satu referensi dan pengembangan ilmu hukum di Indonesia. Haswandi juga turut berkiprahd alam dunia pendidikan dengan mengabdikan ilmunya bagi perguruan tinggi di Tanah Air, diantaranya menjadi dosen di Unissula.

Baca juga : Gugatan Hakim Agung Kandas

Dalam kesempatan ini, Haswandi yang kelahiran 2 April 1961 mengatakan siap mendarmabaktikan segala kemampuan dan ilmunya baik secara praktek maupun teori untuk Unissula.

”Terutama dari sisi praktek, pengalaman saya di bidang hukum yang telah lebih 30 tahun ini diharapkan bisa kita bagi untuk mahasiswa, sehingga nantinya saat lulus bisa mempraktekkan yang didapat saat kuliah. Sehingga mampu mempraktekkan ilmunya dalam bekerja. Lulusan Unissula diharapkan bisa menghadapi tantangan dan persaingan global yang makin ketat, agar tidak kalah dengan negara-negara lain,” jelasnya.

Baca juga : Dasco Dikukuhkan Sebagai Profesor Bidang Ilmu Hukum

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I, II dan III, Dekan FH, Wakil Dekan I dan II FH Unissula, Ketua dan Sekretaris Program Studi di lingkungan FH Unissula, dan Ketua Biro Konsultasi Hukum dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum (BKBHM) FH Unissula.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.