Dark/Light Mode

Relawan SandiUno Hadir Di Festival Cemilan, Bantu Pasarkan Produk UMKM Bandung

Minggu, 23 Juli 2023 12:57 WIB
Bazar Festival Cemilan di D Botanica Bandung Mall dari tanggal 17 Juli-17 Agustus untuk kembali tumbuh dan berkembang pascapandemi Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UMKM Sahabat Sandi kepada pelaku ekonomi kreatif. (Foto: Ist)
Bazar Festival Cemilan di D Botanica Bandung Mall dari tanggal 17 Juli-17 Agustus untuk kembali tumbuh dan berkembang pascapandemi Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UMKM Sahabat Sandi kepada pelaku ekonomi kreatif. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Relawan SandiUno diapresiasi pelaku UMKM dalam membuka akses pasar secara luas, salah satunya dengan bazar produk. Kali ini hadir di Festival Cemilan, yang ada di D’Botanica Bandung Mall.

Pada Bazar Festival Cemilan ini diadakan dari tanggal 17 Juli - 17 Agustus untuk kembali tumbuh dan berkembang pascapandemi Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UMKM Sahabat Sandi kepada pelaku ekonomi kreatif.

Perwakilan UMKM Sahabat Sandi Bandung, Khifu mengatakan dengan promosi itu diharapkan pemasaran produk-produk UMKM Jawa Barat lebih luas dan dikenal masyarakat. Sehingga dapat mendongkrak omzet pendapatan ekonomi.

"Kita membantu teman-teman UMKM Jawa Barat untuk mempromosikan produknya melalui kurasi yang sangat ketat dari puluhan menjadi 40 produk yang terpilih. Para UMKM sangat terbantu dengan adanya Festival Cemilan, karena mereka bisa mempromosikan secara gratis tanpa membayar apapun dapat memajang produknya yang terbaik," kata Khifu di D'botanica Bandung Mall, Sabtu (22/7).

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 22 Juli, Hadir Di City Mall Pasar Baru

"Dengan seperti ini omzet pelaku UMKM dari beberapa produk ini mendapatkan kenaikan. Bahkan UMKM yang belum terpilih sangat antusias ingin barangnya ada disini," tambahnya.

Kemunculan Sandiaga Uno dianggap dapat membantu pelaku-pelaku usaha di Indonesia. Khifu berharap program dari UMKM Sahabat Sandi dapat menyasar pelosok kota lainnya.

"Sandiaga Uno kemunculannya yang luar biasa ketika menjadi Menparekraf, tiba-tiba memberikan kesempatan kepada semua orang bukan hanya dari Bandung tapi seluruh Indonesia terbantu. Semoga programnya akan terus diperpanjang dan ada juga di kota-kota lainnya," ucap Khifu.

Sementara itu, salah satu UMKM Produk Buah Honje Laka, Lastari, 37, mengaku adanya Bazar Festival Cemilan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karenanya, dapat menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Baca juga : Relawan SandiUno Ajak UMKM Ikut Pelatihan Olahan Pangan Dan Pengemasan Produk

"Kita masuk Bazar Festival Cemilan ini ada kurasi terlebih dahulu, setelah lolos baru produknya dipajang. Alhamdulillah adanya event ini kita merasa terbantu, biasanya kita jualan produk sendiri, kalau disini lebih memperkenalkan lagi kepada khalayak yang lebih banyak," ujar Lastari.

Tak bisa dipungkiri, Bazar Festival Cemilan memiliki konsep yang menarik. Dikarenakan pemasarannya membantu bisnis mencapai target dan meningkatkan basis pelanggan. 

Lastari berharap program yang dinaungi oleh Sandiaga Uno tidak hanya sebulan saja, tetapi dapat sering diadakan.

"Alhamdulillah omzet saya menjadi bertambah. Berharap omzetnya makin naik lagi dan fasilitas dari Pak Sandi tidak hanya satu bulan saja diadakan, tetapi lebih sering serta berkelanjutan," pungkasnya.

Baca juga : Tertabrak Wahana Hias Di Festival Hakata Gion Yamakasa, Pria Jepang Meninggal

Lastri berterimakasih kepada Sandiaga Uno yang membantu promosi hingga  usaha masyarakat Jawa Barat berkembang dan omzet pendapatan cenderung meningkat dari ribuan kini mencapai jutaan rupiah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.