Dark/Light Mode

Tutup AOE 2023

Bahlil Puji Apkasi Dorong Terciptanya Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Minggu, 23 Juli 2023 22:32 WIB
Penutupan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023, di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Sabtu (22/7). (Foto: Dok. Apkasi)
Penutupan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023, di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Sabtu (22/7). (Foto: Dok. Apkasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah berlangsung selama tiga hari, pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 resmi ditutup Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Sabtu (22/7). Bahlil memuji kegiatan yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini sebagai upaya dalam rangka mendorong terciptanya kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

“Saya mengapresiasi secara sunguh-sungguh kegiatan ini. Karena Apkasi telah melakukan transformasi, tetapi juga sudah mulai memikirkan tentang bagaimana pengembangan ekonomi wilayah dalam konteks menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Bahlil, yang disambut dengan tepuk tangan meriah.

Dalam pidatonya, Bahlil juga menyampaikan perkembangan investasi, yang menunjukkan pertumbuhan baik. “Alhamdulillah, pada 2022 dari target Presiden yang mencanangkan Rp 1.200 triliun, kita berhasil mencapai 1.207 triliun,” katanya.

Bahlil melanjutkan, Jokowi memerintahkan, di 2023 investasi sebesar 1.400 triliun. Sebab, ini sebagai syarat pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terjaga di atas 5 persen. “Alhamdulillah sampai hari ini sudah tercatat mencapai Rp 678,6 triliun atau 58,5,” terangnya.

Untuk meningkatkan investasi di daerah, Bahlil mengubah kebijakan dan perlakukan wilayah-wilayah didasari keunggulan komparatif, kelebihan dan kekurang dari daerah lain. Sekarang ini, lanjut Bahlil, sudah terjadi perubahan. Dia meyakini, investasi adalah instrumen untuk menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi para bupati di daerah masing-masing.

Baca juga : AEBF 2023 Percepat Koneksi Energi Untuk Pertumbuhan Sektor Energi di ASEAN

“Kalau hanya berharap dari Dana Anggaran Umum (DAU), itu berapa sih. DAU sudah di-ploting untuk kesehatan, untuk desa, dan urusan lainnya. Sehingga ruang fiskal bupati makin sempit. Karena itu, perlu dibangun PAD-nya yang kuat. PAD yang kuat hanya satu syaratnya, yakni investasi harus diurus dengan baik,” tegasnya.

Terkait arah kebijakan investasi ke depan, lanjut Bahlil, selain sektor jasa dan pariwisata, pihaknya akan menjadikan skala prioritas utama, yakni di sektor hilirisasi. “Hilirisasi ini adalah bentuk kedaulatan negara. Hilirisasi ini tidak hanya dalam konteks meningkatkan nilai tambah, tapi hilirisasi adalah sebagai bentuk independensi kedaulatan negara,” katanya, bersemangat.

Terakhir Bahlil mengapresiasi Apkasi yang telah menyelenggarakan pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2023. Bahlil menyarankan, Juara 1,2,3 POI bisa magang di Kementerian Investasi.

“Juara POI ini bisa menjadi Menteri Investasi 2 hari kalau perlu. Nanti bisa disimulasikan saya sebagai tamu, agar para putri ini ada pengetahuan bagaimana seorang menteri harus mengurusi investor,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi Joune JE Ganda membacakan laporan penyelenggaraan AOE 2023 serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan pihak-pihak yang terlibat kegiatan pameran, eksibisi, dan rangkaian kegiatan lainnya. Bupati Minahasa Utara ini menjelaskan, rangkaian Rakernas XV Apkasi dan AOE 2023 telah dibuka secara resmi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin pada Kamis (20/7).

Baca juga : Mendagri Minta Daerah Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Joune juga melaporkan, kegiatan Rakernas XV Apkasi yang dilaksanakan usai opening ceremony berjalan lancar dengan menghadirkan narasumber Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Staf Ahli Bidang Organisasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kementerian Keuangan Sudarto, dan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro.

Sedangkan untuk kegiatan AOE 2023, jumlah peserta sebanyak 172 peserta, terdiri dari 131 Pemerintah Kabupaten, 2 Kementerian, 6 dari kalangan swasta, sebanyak 23 dari sektor UMKM dan 10 dari kalangan media, seluruh peserta menempati 287 stand.

“Data pengunjung, hingga Sabtu, 23 Juli 2023, pukul 14.00 wib, tercatat total 10 ribu pengunjung. Terdiri dari masyarakat umum dan dari kalangan pengusaha dan investor,” kata Bupati Joune.

Ia melanjutkan, selain eksibisi, AOE 2023 juga menggelar side event berupa business matching,dengan konsep kegiatan mempertemukan langsung para calon buyers dan investor dengan daerah ini, berlangsung pada hari pertama dan berjalan sesuai dengan harapan. Kegiatan diikuti 38 pemerintah kabupaten dan dari pihak buyers dan investor hadir sebanyak 23 perusahaan atau mitra: dari Iwapi, Potato Head Group, PT Everest Timber Indonesia, Equatoral Capital, British Chamber, Business Indonesia Singapore Association dan International Business Association (IBA).

Side event lainnya juga digelar bertajuk Fashion Show Wastra Nusantara, kegiatan kali kedua yang menampilkan dan mempromosikan berbagai desain pakaian tradisional yang merupakan warisan seni batik atau tenun daerah. “Untuk tahun ini pesertanya 12 kabupaten. Di samping itu ada penampilan seni budaya untuk menghibur para pengunjung pameran yang dimeriahkan penampilan dari wakil 19 Kabupaten, menampilkan ragam seni tari dan musik khas dari daerahnya. Panitia juga menampilkan grup band papan atas Element dan penyanyi Vanny Vabiola,” ujarnya.

Baca juga : Kenduri Swarnabhumi 2023 Dorong Peningkatan Kapasitas Komunitas Budaya

Field trip juga dilaksanakan bertujuan untuk mengajak peserta AOE 2023 melihat secara langsung praktik terbaik dari suatu program pemerintah kabupaten, yang kali ini mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture yang berada di Mauk Kabupaten Tangerang. Bagi anak-anak pun juga kebagian panggung dengan digelarnya Lomba Mewarnai Gambar Tingkat TK PAUD diikuti anak-anak tingkat TK se-Kabupaten Tangerang.

“Untuk ketiga kalinya juga digelar Anugerah Jurnalistik Apkasi. Kegiatan ini sebagai apresiasi kepada para jurnalis yang telah ikut aktif mempublikasi liputan tentang pembangunan di daerah. Selamat bagi rekan-rekan semuanya yang telah keluar sebagai pemenang,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.