Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Latgab TNI 2023, Pangdam Brawijaya Jadi Pangkogasratgab

Kamis, 3 Agustus 2023 07:40 WIB
Pangdam V Brawijaya Mayjen Farid Maruf selaku Pangkogasratgab saat akan memimpin serangan darat gabungan dalam Latgab TNI 2023 di Situbondo, Selasa 1/8. Foto: Istimewa
Pangdam V Brawijaya Mayjen Farid Maruf selaku Pangkogasratgab saat akan memimpin serangan darat gabungan dalam Latgab TNI 2023 di Situbondo, Selasa 1/8. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendapat kesempatan menjadi Panglima Komando Tugas Darat Gabungan (Pangkogasratgab) memberi kesan mendalam bagi Pangdam V Brawijaya, Farid Makruf.

Pasalnya Farid dalam Latihan Gabungan (Latgab 2023) itu dirinya diberikan amanah untuk memimpin seluruh pasukan matra darat memimpin langsung serangan darat ke wilayah musuh.

Termasuk di dalamnya menyiapkan seluruh personel dan alutsista serta dukungan-dukungan lainnya yang dibutuhkan dalam operasi darat tersebut.

"Menjadi Pangkogasratgab pada Latgab Tahun 2023 ini memberi kesan yang sangat berarti bagi saya. Sebab bisa memimpin langsung penyerangan yang membawahi unsur-unsur dari Kodam V Brawijaya dan bergabung dalam komando tugas darat gabungan," kata Farid seperti dikutip dalam keterangan pers Pendam V Brawijaya, Kamis (3/8).

Baca juga : Semester I-2023, Program TJSL PLN Bawa 5.425 UMK Naik Kelas

Kendati demikian, Farid tidak merasa terbebani. Justru dia merasa bersemangat dan tertantang untuk melakukan yang terbaik.

Meski dia mengakui, tidak mudah mengakomodir pasukan darat gabungan yang terdiri dari Batalyon Infantri, Linud Marinir, Armed dan Kavaleri yang menjadi tugasnya dalam melakukan penyerangan terhadap Musuh Anggapan (Musang). 

"Ya ini memang sedikit lebih sulit mengakomodir semua pasukan khusus dari tiga matra laut darat dan udara. Tapi ini pengalaman yang sangat baik untuk mengukur kekuatan kita untuk menjaga NKRI," aku Farid.

Pada saat yang sama, menurut Farid, pasukan darat tersebut dapat memadukan kemampuan mereka menjadi suatu kekuatan penyerang yang dahsyat.

Baca juga : Kurang Tenang, Apri/Fadia Langsung Keok Di Awal

Untuk itu, dibutuhkan kekompakan, ketelitian, saling pengertian dan kemampuan fisik yang prima.

Farid menerangkan dengan adanya pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) sangat membantu pasukannya. Disusul pertemuan-pertemuan untuk saling memadukan kemampuan tembak gerak pasukan infantri.

Selanjutnya ditopang oleh kemampuan manuver tank dan kemampuan menembak jarak jauh dari Armed. Akhirnya semua kekuatan persenjataan itu dapat dipadukan menjadi kekuatan penyerang yang ampuh untuk mengalahkan kemampuan musuh.

Diketahui Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf terlibat langsung dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun Anggaran 2023. Latihan yang melibatkan 7.500 prajurit dari tiga Matra (Darat, Udara, dan Laut) TNI, itu, diarahkan langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Baca juga : Pangdam Brawijaya: Babinsa Inspiratif, Ujung Tombak TNI AD

Farid Makruf bersemangat (excited) sejak awal mengikuti tahapan demi tahapan Latgab TA 2023. Mulai dari latihan posko hingga latihan manuver lapangan yang dilaksanakan secara berangkai dengan materi kampanye militer dalam bentuk operasi gabungan ia ikuti penuh semangat.

"Saya senang dan bangga bisa diberikan kesempatan memimpin ribuan pasukan untuk melakukan manuver lapangan. Ini pengalaman yang sangat berharga untuk diri saya pribadi," tutup Farid.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.