Dark/Light Mode

Pangdam Brawijaya: Babinsa Inspiratif, Ujung Tombak TNI AD

Senin, 24 Juli 2023 16:46 WIB
Pangdam V Brawijaya Farid Makruf bekerja sama dengan Harian Disway, sebuah media yang didirikan oleh tokoh pers nasional Dahlan Iskan menggelar Brawijaya Awards 2023. Foto: Istimewa
Pangdam V Brawijaya Farid Makruf bekerja sama dengan Harian Disway, sebuah media yang didirikan oleh tokoh pers nasional Dahlan Iskan menggelar Brawijaya Awards 2023. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf menegaskan, Babinsa inspiratif menjadi ujung tombak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Untuk mengapresiasi dedikasi para Babinsa, Pangdam V Brawijaya bekerja sama dengan Harian Disway, sebuah media yang didirikan oleh tokoh pers nasional Dahlan Iskan menggelar Brawijaya Awards 2023.

Brawijaya Awards 2023 adalah sebuah penghargaan terhadap dedikasi para Bintara Pembina Desa (Babinsa) kepada masyarakat luas.

"Tidak berlebihan kiranya kami menggelar ajang Brawijaya Awards 2023, sebagai wahana untuk memberikan apresiasi dan motivasi dalam melanjutkan pengabdian mulia Babinsa," kata Farid dalam keterangannya, Senin (24/7).

Hal senada juga disampaikan oleh Dahlan Iskan. Menurut Dahlan, Babinsa banyak memberikan contoh sehingga masyarakat di desa dapat lebih maju lagi.

"Anda, wahai para Babinsa harus tahu ini. Panglima anda, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, sangat bangga kepada Babinsa. Sampai-sampai Pangdam mengadakan Brawijaya Awards di tahun 2023 ini," ujar Dahlan Iskan.

Baca juga : Pangdam V Brawijaya Luncurkan Program Babinsa Duta Informasi Positif

Dahlan menceritakan awal mulanya digelar Babinsa Award 2023. Menurutnya, Pangdam sering bercerita kepada dirinya mengenai prestasi Babinsa di suatu desa. Kemudian bercerita lagi terkait Babinsa di desa lain.

"Pangdam memang terus berkeliling ke korem-korem. Ke kodim-kodim. Juga ke desa-desa. Setiap kali kunjungan ke daerah, Pangdam tidak lupa bercerita soal Babinsa," kata Dahlan Iskan.

Diketahui, Brawijaya Award 2023 melibatkan 330 personil Babinsa dari 33 Kodim di jajaran Kodam V Brawijaya. Mereka berkompetisi dan dipilih sebanyak 50 Babinsa Inspiratif dan dipublikasikan profil beserta kisahnya. 

Di antara kisah inspiratif tersebut datang dari Pelda Dharma Indiarto Yogo. Babinsa yang bertugas di Desa Pangeran, Koramil 0829/09, Blega, Kodim 0829 Bangkalan. Dia melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu tentang stunting di Desa Kemloko, Blitar.

Secara rutin dirinya menekankan pentingnya ASI eksklusif dalam 6 bulan pertama. Upaya serupa juga dilakukan oleh Serda Misbahul Munir.

Babinsa yang bertugas di Kelurahan Sawunggaling, Koramil 0832/04, Wonokromo Kodim 0832 Surabaya Selatan. Tak hanya fokus pada isu stunting, Munir juga ikut terlibat dalam perawatan lansia sebatang kara. Dia diketahui sudah merawat salah satu Lansia bernama Mariyam.

Baca juga : Pangdam V Brawijaya Damaikan Bonek Dan Jakmania

"Lansia seperti Ibu Maryam perlu diperhatikan. Untung beliau punya tetangga-tetangga baik yang mau merawat. Kita perlu ingat, diri kita ini di kemudian hari akan menua seperti beliau. Layaknya orang tua kita juga, kepedulian harus ditanamkan," ungkapnya.

Tak hanya di bidang kesehatan dan sosial. Babinsa lain pun ikut aktif dalam kerukunan umat beragama. Contohnya upaya dari Babinsa yang bernama Sertu Yazit Arafat.

Babinsa Desa Leran Koramil Kalitidu, Kodim Bojonegoro ini selalu mengadakan pertemuan umat beragama setiap tanggal 17, sehingga diberi pertemuan itu diberi nama Pitulasan.

"Apa pun kita lakukan bersama. Inilah yang kita ingin pertahankan terus. Pertemuan Pitulasan adalah salah satu cara untuk mempertahankan kerukunan umat beragama. Antara kami yang sudah saling kenal dengan satu yang lainnya," terang Yazin.

Dia mengakui tidak ada obrolan khusus setiap pertemuan tersebut. "Apa pun kita bicarakan, tidak obrolan khusus," sambungnya.

Di bidang kewirausahaan, ada Babinsa bernama Sertu Asfahani. Dia berinisiatif melakukan usaha Rambak Sapi di dua lokasi di Tulungagung. Usahanya ini mampu menyerap 25 orang tenaga kerja.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Gelar Bazar Pasar Murah di Galung MaloangĀ 

"Karena memasak kulit sapi tidak bisa sembarang orang. Harus ahli. Mereka yang tahu kulitnya sudah masak atau belum," imbuhnya. Upaya Asfahani mendapat pujian dari Kapten Inf Anjar Yuniarto.

"Dari kami yang ada di Kodim Tulungagung, Sertu Asfahani yang paling siap menghadapi masa pensiun. Saya banyak belajar dari beliau," puji Anjar.

"Dengan segudang prestasi yang dilakukan oleh para Babinsa inspiratif ini, maka sudah waktunya, selaku pimpinan di Kodam Brawijaya, saya menghargai prestasi mereka. Saya yakin masih banyak para Babinsa lain yang siap menorehkan prestasi-prestasi hebat lainnya," tutup Pangdam Brawijaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.