Dark/Light Mode

Ketum Pemuda Muhammadiyah Yakin Ganjar Lanjutkan Program Jokowi

Jumat, 4 Agustus 2023 16:35 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 40 persen publik percaya bakal calon presiden Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan dari Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2024. 

Pendiri sekaligus peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani menjelaskan, survei itu dilakukan pada Juli 2023. Dalam temuannya, Ganjar dipercaya sebanyak 40,6 persen publik mendapat dukungan dari Jokowi.

"Ganjar dinilai sebagai capres yang didukung Presiden Jokowi pada Pemilu 2024," ujar Saiful Mujani.

Dalam kesempatan lain, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla meyakini Ganjar akan melanjutkan program-program Jokowi.

Baca juga : Relawan Ganjar Nasional Hadirkan Dalang Nyentrik Ki Gondo Wartoyo

"Kita melihat di basis pemilih Muhammadiyah menangkap bahwa yang bisa meneruskan program-program Pak Jokowi adalah Pak Ganjar,” kata Dzulfikar.

Pemuda Muhammadiyah adalah salah satu organisasi pemuda Islam terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan organisasi dari tingkat desa hingga tingkat nasional. 

Organisasi ini memiliki tujuan untuk memajukan umat Islam melalui pengembangan pendidikan, sosial, dan budaya. 

Sebagai sayap Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah memiliki peran strategis dalam percaturan kepemudaan Indonesia.

Baca juga : Silaturahmi Dengan Pemuda Fak-Fak, Pandawa Ganjar Serahkan Peralatan Olahraga

Sementara, lembaga survei yang berbasis di Australia, Utting Research, merilis hasil jajak pendapat terkait elektabilitas para tokoh menjelang Pilpres 2024. 

Hasil dalam survei tersebut, nama Gubernur Jawa Tengah itu menjadi tokoh yang berada di peringkat pertama mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Managing Director Utting Research John Utting mengatakan, ketiga bakal calon presiden (bacapres) tersebut memiliki perolehan suara yang tidak berjauhan.

Elektabilitas Ganjar Pranowo tercatat 34 persen, disusul Prabowo Subianto 33 persen, dan Anies Baswedan 27 persen.

Baca juga : Harga Sembako Naik, Mak Ganjar Tanam Ratusan Pohon Cabe Di Jakarta Timur

Sisanya, sebanyak tiga persen responden menjawab rahasia dan atau belum memutuskan. Sementara tiga persen lainnya, memilih tidak menjawab.

Sebagai informasi, survei Utting Research dilakukan secara tatap muka pada 12-17 Juni 2023 dengan jumlah sampel responden 1.200 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. 

Survei tersebut dilakukan menggunakan metode multi stage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.