Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

SPIN: Elektabilitas Kokoh Di Puncak, Prabowo Kerek Kepuasan Pemerintahan Jokowi

Jumat, 4 Agustus 2023 16:12 WIB
Prabowl Subianto (Foto: Ist)
Prabowl Subianto (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis data terbaru mereka mengenai elektabilitas sejumlah tokoh calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menjelaskan, dari sejumlah survei yang telah dilakukan sejak Agustus 2021 hingga Juli 2023, elektabilitas Prabowo Subianto terus kokoh di posisi puncak bahkan melesat.

"Elektabilitas Prabowo masih merajai kontestasi Capres 2024 dari simulasi 13 capres. Temuan survei per Juli 2023 menunjukkan ada 34,0 persen publik masih menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," kata Igor saat merilis hasil surveinya, Jumat (4/8).

Igor kemudian mengungkapkan, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, bertengger di posisi kedua dan ketiga dengan perolehan masing-masing 20,1 persen dan 19,0 persen.

Faktor peningkatan elektabilitas Prabowo Subianto pada periode ini pun menurut Igor, dipengaruhi sejumlah blunder yang dilakukan Ganjar belakangan ini.

Baca juga : Elektabilitas PAN Meroket, Buah Kerja-Kerja Politik Zulkifli Hasan

"Tren dukungan ke Prabowo terus meningkat sementara Ganjar mengalami stagnan pasca blunder yang sering dilakukan baik oleh dirinya maupun timnya," ungkapnya.

Di posisi keempat dan kelima, ada Erick Thohir dan Ridwan Kamil mengalami peningkatan dukungan dari survei per April 2023 lalu.

Kedua sosok ini masih terus berada di posisi ke empat dan lima besar. Survei itu juga menanyakan kepada para responden bahwa sebagian besar publik atau 41,7 persen, akan memilih Prabowo sebagai presiden bila Pemilu serentak dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh tiga Capres saja (simulasi head to head).

"Sementara Ganjar masih berada di posisi ke-2 dengan 30,3 persen dan Anies berada di posisi ke-3 memperoleh 21,0 persen," terangnya.

Igor kemudian juga merilis adanya peningkatan elektabilitas dari pemerintahan Presiden Jokowi pada periode ini.

Baca juga : Elektabilitas Partai Rendah, Akar Rumput Beringin Gelisah

Sosok Prabowo ternyata punya peran penting dalam melambungkan tingkat kepuasan terhadap pemerintah.

Sebagian besar publik atau 81,2 persen setuju dengan sikap Prabowo yang bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf.

"Angka persentase ini terus meningkat, diduga semakin membaiknya persepsi publik terhadap sikap Prabowo yang selalu menarasikan persatuan bangsa baik dari sisi pendukungnya maupun pendukung Jokowi sendiri," paparnya.

Kinerja Prabowo Subianto selama berada di kabinet juga konsisten berada di posisi cukup tinggi berdasarkan pendapat dari para responden.

Sebanyak 18,9 persen publik masih menilai Menteri/Kementerian Pertahanan yang paling nyata dan konkrit kerjanya saat ini.

Baca juga : Terima Kunjungan Menhan Saudi, Prabowo Ngarep Kerja Sama Pertahanan Diperkuat

Disusul kemudian Menteri/Kementerian Sosial 15,6 persen dan Menko Polhukam 10,1 persen dan Meneg BUMN lompat ke posisi keempat dengan 5,3 persen, menggeser Menteri PUPR ke posisi ketujuh.

Survei ini dilakukan pada 15-25 Juli 2023 dan diikuti oleh 1.230 responden. Dengan wilayah sebaran sampel di 34 provinsi, teknik sampel menggunakan multistage random sampling.

Dengan teknik pengumpulan data Direct Interview dengan Bantuan Kuesioner, margin of error pada survei ini adalah +/- 2,8 persen 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.