Dark/Light Mode

Mancing Mania, Ganjar Muda Padjajaran Tebar Kebahagiaan Sambil Jaga Ekosistem

Sabtu, 5 Agustus 2023 18:12 WIB
Para sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran GMP di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar kegiatan mancing mania di Desa Cipeteuy, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi, Prov. Jawa Barat, Sabtu (5/8). (Foto: Ist) 
Para sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran GMP di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar kegiatan mancing mania di Desa Cipeteuy, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi, Prov. Jawa Barat, Sabtu (5/8). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya menebar kebahagiaan seraya menjaga ekosistem, para sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar kegiatan mancing mania yang mengundang decak kagum masyarakat setempat. 

Ribuan ikan emas dengan berat lebih dari satu ton telah memikat hati para pemancing yang hadir dari berbagai kecamatan di Kab. Sukabumi. 

Koordinator GMP Kab. Moch. Rizal Ihsan Nurjaman mengatakan kegiatan ini bukan sekadar hiburan, tetapi juga bentuk komitmen untuk menjaga kelestarian alam dan memperkuat ikatan persaudaraan masyarakat Sukabumi.

"Kali ini GMP mengadakan kegiatan mancing mania. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi, menjaga kearifan lokal," ucap Rizal usai kegiatan di Desa Cipeteuy, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi, Prov. Jawa Barat, Sabtu (5/8). 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Ajak Jemaah Majelis Taklim Jaga Ekosistem Laut

Menurut Rizal, Sukabumi merupakan sebuah wilayah yang kaya akan sumber daya alam. Oleh karenanya, memerlukan perhatian ekstra dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Kegiatan ini menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menyalurkan hobi memancing, tanpa merusak ekosistem dengan mencari ikan di sungai menggunakan cara yang merugikan.

"Untuk kegiatan mancing sendiri sangat disukai, makannya antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan mancing. Untuk jumlah ikan yang disediakan itu satu ton lebih, ada ribuan ekor ikan," ungkapnya. 

Rizal mengemukakan, lomba memancing ini juga memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya banyak warung yang berjualan di lokasi kegiatan, peluang usaha masyarakat meningkat, dan ikan hasil memancing yang bisa dimanfaatkan untuk dijual atau dikonsumsi di rumah, menjadi nilai tambah yang tidak bisa diabaikan.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Garuda Layani Penerbangan Langsung Ke Tanah Suci Dari Banda Aceh

Atmosfer mancing mania ini semakin terasa istimewa dengan diiringi oleh musik kesenian Nayaga dari sunda. Ritme musik yang menghiasi suasana mancing semakin memperkuat keceriaan para pemancing, menambah daya tarik dan makna mendalam pada acara ini.

Kepopuleran acara ini juga tidak lepas dari dukungan tokoh pemuda Sukabumi, Yovi, yang mengakui bahwa kegiatan seperti ini mampu mempererat hubungan silaturahmi dan persaudaraan, serta memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berekspresi dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. 

"Kegiatan ini kita bisa menambah ataupun memfasilitasi para pemancing untuk tetap bisa menyalurkan hobinya, selain itu kan ada dari budaya," ujar Yovi.

Ganjar Muda Padjajaran ini berkomitmen untuk berperan aktif dalam melestarikan alam, sekaligus mengembangkan potensi ekonomi di wilayahnya. 

Baca juga : Ganjar Muda Padjadjaran Gelar Workshop Petani Milenial Di Sumedang

Dalam acara ini, tiga orang yang mendapat ikan terbanyak mendapatkan penghargaan dari GMP. 

Anak Muda Sukabumi Dukung Ganjar

Rizal menyatakan Ganjar Pranowo sangat didukung oleh masyarakat Sukabumi karena sosoknya yang mengerti akan kebutuhan anak muda. Hal itu dibuktikan dengan kebijakan-kebijakan Ganjar saat menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode, maupun ketika dulu menjabat anggota DPR RI. 

Hal itu diakui oleh Yovi. Yovi menyatakan kesiapannya untuk memenangkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.