Dark/Light Mode

KADIIFA Bakal Sematkan Jokowi Sebagai Bapak Pelindung Tenun & Songket Nusantara

Kamis, 10 Agustus 2023 18:52 WIB
Presiden Jokowi (kanan) dan Ibu Negara Iriana Jokowi (kedua kiri) saat menghadiri Gelaran Batik Nusantara beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi (kanan) dan Ibu Negara Iriana Jokowi (kedua kiri) saat menghadiri Gelaran Batik Nusantara beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar Festival Tenun Songket Nusantara & UMKM Expo 2023.

Acara yang bertujuan mengukuhkan eksistensi tenun dan songket sebagai warisan budaya leluhur Nusantara ini, akan berlangsung dari 2-7 September 2023 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Baca juga : Pelindo Hadirkan UMKM Binaan Di Gelar Batik Nusantara

Staf Ahli Menteri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Kemendagri, Togap Simangunsong mengatakan kegiatan ini dapat mendukung usaha tenun dan songket dari berbagai daerah.

"Juga mampu menjadi wadah untuk melahirkan berbagai ide dalam mengembangkan produk tersebut. Tenun dan songket menjadi lebih dikenal luas hingga ke kancah internasional," kata Togap di acara Gathering Festival Tenun Songket di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Rabu (9/8).

Baca juga : Komit Lanjutkan Program Pembangunan Jokowi, Ganjar: Tak Mungkin Dihentikan

Togap mengatakan, gelaran tersebut bakal berfokus pada agenda utama. Yaitu Deklarasi dan Penetapan Hari Tenun dan Songket Nasional 7 September oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi upaya ini diharapkan dapat membuat tenun dan songket bisa lebih dikenal layaknya batik.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga nantinya bakal menetapkan Presiden Jokowi sebagai Bapak Pelindung Tenun & Songket Nusantara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.