Dark/Light Mode

Peringati Kemerdekaan RI Ke-78

Pena Mas Ganjar Gelar Turnamen Sepak Bola Di Temanggung

Jumat, 11 Agustus 2023 09:24 WIB
Turnamen sepak bola antartim se-Kabupaten Temanggung bertajuk Putra Giyanti Cup 2023 memeriahkan peringatan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. (Foto: Ist)
Turnamen sepak bola antartim se-Kabupaten Temanggung bertajuk Putra Giyanti Cup 2023 memeriahkan peringatan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turnamen sepak bola antartim se-Kabupaten Temanggung bertajuk "Putra Giyanti Cup 2023" memeriahkan peringatan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh pergerakan generasi alumni muda dan akademisi Universitas Diponegoro (Undip) Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Bersama Ganjar atau Pena Mas Ganjar.

"Pena Mas Ganjar terjun ke Kabupaten Temanggung untuk melaksanakan kegiatan Piala Pena Mas Ganjar bagian dari serangkaian Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Pena Mas Ganjar," kata Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar, Reza Abdurrakhman, Kamis (10/8).

Kegiatan yang digelar di Lapangan Desa Giyanti Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada 1-10 Agustus 2023 itu disambut antusias oleh para pemain sepak bola maupun warga setempat.

Reza menjelaskan tujuannya menggelar turnamen sepak bola adalah untuk memfasilitasi para pemuda yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga sepak bola.

"Tujuannya, untuk memfasilitasi anak-anak muda yang suka sepak bola untuk bisa berkompetisi di Bulan Kemerdekaan (Republik Indonesia)," katanya menegaskan.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Fardu Kifayah Di Ponpes Sumut

Menurut Reza, kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari warga yang dibuktikan dengan antusiasme mereka untuk mendaftarkan timnya dalam turnamen sepak bola maupun sekadar menonton di lokasi pertandingan.

Puncak kemeriahan terjadi dalam pertandingan final antara tim tuan rumah Putra Giyanti Kecamatan Temanggung melawan Merpati Wolodono Kecamatan Bulu yang berlangsung Kamis sore.

"Masyarakat sangat antusias. Bisa dilihat bahwa hari ini di finalnya (sangat meriah). Kemarin kami sudah berjalan selama 10 hari dengan 200 peserta (tim sepakbola yang bertanding)," tutur Reza.

Kemeriahan dalam kegiatan kali ini sekaligus menunjukkan dukungan warga terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Bahkan, warga dan para pemain sepak bola yang akan bertanding saat itu juga tidak lupa untuk meneriakkan dukungan untuk bakal calon presiden Ganjar Pranowo, sesaat sebelum pertandingan dimulai.

"Warga sangat antusias. Terbukti dari sorak-sorakan (berbunyi) 'Pak Ganjar' dari partai atau pertandingan pertama pada tanggal 1 Agustus juga warga sudah tahu kalau agenda hari ini bagian dari komunitasnya Bapak Ganjar," ujarnya.

Baca juga : Kembangkan Potensi Diri, Santri Ganjar Gelar Pelatihan Public Speaking

Melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti itu, kelompok sukarelawan Pena Mas Ganjar optimistis dapat mendulang dukungan untuk Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

"(Warga) mendukung Bapak Ganjar (menjadi presiden 2024-2029) secara penuh untuk Kabupaten Temanggung," kata Reza optimistis.

Sementara itu, pertandingan final yang memperebutkan Piala Pena Mas Ganjar 2023 akhirnya dimenangkan tim tuan rumah, Putra Giyanti setelah menundukkan Merpati Wolodono dengan skor 3-0.

Pertandingan berlangsung dalam tempo cepat sejak awal yang terlihat dari perebutan bola oleh para pemain dari kedua tim. Namun, serangan dari para pemain Putra Giyanti mampu dieksekusi dengan baik menjadi gol.

Gol pertama diciptakan Ahmad Nafi disusul gol dari Arnawi yang menutup babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan tim Putra Giyanti. Ahmad Nafi kembali mencetak gol di babak kedua yang menegaskan kemenangan bagi timnya dengan skor 3-0.

"Alhamdulillah anak-anak dari persiapan kemarin sampai tadi pagi komitmen. Alhamdulillah rencana skenario dari kami di lapangan terealisasi semua sama pemain sehingga bisa membuahkan kemenangan 3-0 untuk hari ini," kata pelatih Putra Giyanti, Nurkholik.

Baca juga : Pemuda Ganjar Buat Pelatihan Produk Kerajinan Aluminium Di Ogan Ilir

Menurutnya, kegiatan yang digagas para sukarelawan Pena Mas Ganjar kali ini sangat bermanfaat bagi perkembangan prestasi olahraga sepak bola di daerahnya.

Nurkholik menilai turnamen sepak bola menjadi ajang pembuktian hasil pembinaan dan pelatihan yang dilakukan secara rutin di setiap tim yang ada selama ini.

"Saya juga berterima kasih kepada sponsor atau relawan dari Pena Mas Ganjar. Semoga, dengan kegiatan pada sore hari ini bisa bermanfaat, bisa berkembang," ujarnya.

Terakhir, Nurkholik mewakili para pegiat olahraga maupun warga setempat berpesan agar Ganjar Pranowo lebih fokus memajukan sepak bola nasional setelah terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

"Istilahnya, bisa menertibkan atau menghidupkan dari daerah ada atlet-atlet. Mungkin Pak Ganjar kalau nanti menjadi presiden itu bisa dirangkul semua dan bisa menjadi sukses untuk Indonesia," kata Nurkholik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.