Dark/Light Mode

Elektabilitas Naik Karena Efek Jokowi, PDIP Optimis Hattrick Di Pemilu 2024

Jumat, 11 Agustus 2023 20:33 WIB
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Foto: Instagram/mh_said_abdullah)
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Foto: Instagram/mh_said_abdullah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP PDIP, Said Abdullah tidak heran jika elektabilitas partainya terus naik seiring dengan meningkatnya tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi. Ia optimis Banteng bisa mencetak kemenangan ketiga secara beruntun atau hattrick di Pemilu 2024 mendatang.

Karena sebagaimana disebutkan dalam survei Saiful Mujani Research and Consultan (SMRC) yang dirilis pada Kamis (11/8), publik lebih cenderung mengasosiasikan Presiden Jokowi dengan PDIP.

"Menurut SMRC, kepuasan rakyat yang tinggi, rata-rata di atas 70 persen atas kinerja Presiden Jokowi ikut mendorong keterpilihan PDI Perjuangan," kata Said, dilansir Antara, Jumat (11/8).

Baca juga : Nasib Banteng Tergantung Jokowi

Dalam survei SMRC, tren elektabilitas PDIP masih terus naik hingga mencapai 28 persen. Jauh melampaui partai lainnya. Dengan capaian itu, Said optimis partainya masih akan mendominasi di Pemilu 2024.

Ia menegaskan bahwa PDIP berkomitmen untuk mempertahankan kepercayaan rakyat tersebut, dengan tetap mewadahi aspirasi politik masyarakat. 

PDIP, sebutnya juga akan terus mendukung kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wapres KH Maruf Amin hingga akhir masa jabatan. Sampai dikenang sebagai pemimpin nasional yang sukses menorehkan tinta emas dalam perjalanan bangsa dan negara.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Tol Jakarta-Sukabumi Cukup Ditempuh 2,5 Jam

Selanjutnya, Banteng kata Said juga bertekad untuk meneruskan agenda-agenda penting Presiden Jokowi, termasuk pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara, revitalisasi jalur tol laut, memperluas program hilirisasi, memastikan kedaulatan pangan dan energi hingga memperkuat jalannya revolusi mental.

"Jika, Ganjar Pranowo menang pilpres pada 2024 kelak, PDIP memastikan bahwa agenda-agenda strategis Presiden Jokowi seperti pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara akan terus kami jalankan," tegasnya.

Sebagai informasi, survei SMRC yang dirilis Kamis (10/8) lalu itu dilakukan pada periode 16-23 Juli 2023. Ada sekitar 1.220 responden dilibatkan dengan margin of error sekitar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.