Dark/Light Mode

Diresmikan Jokowi, Tol Jakarta-Sukabumi Cukup Ditempuh 2,5 Jam

Jumat, 4 Agustus 2023 09:50 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak. Peresmian ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini dilakukan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8). (Foto: Dok. Setkab)
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak. Peresmian ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini dilakukan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8). (Foto: Dok. Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak. Peresmian ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini dilakukan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Alhamdulillah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Jokowi saat meresmikan tol Ciawi Sukabumi Jumat (4/8)

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Bandara Ewer Papua Bisa Kerek Ekonomi Kabupaten Asmat

Presiden mengungkapkan, bahwa pembangunan ruas baru ini menelan anggaran biaya Rp 3,2 triliun. Jokowi berharap dengan selesainya ruas Cigombong-Cibadak ini, akses dari Jakarta menuju wilayah Sukabumi dapat ditempuh dengan lebih singkat, termasuk ke tempat-tempat wisata.

“Kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta ke sukabumi memakan waktu sampai 5 jam dan 6 jam, sekarang bisa ditempuh hanya kurang lebih 2,5 jam,” ujarnya.

Baca juga : Dimanjakan Jokowi Di Labuan Bajo, Pemimpin ASEAN Happy

Selain itu, kata Presiden, keberadaan infrastruktur ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang yang akan berpengaruh terhadap peluang investasi di Jawa Barat.

“Dari survei para investor, Provinsi Jawa Barat menduduki ranking  pertama untuk investasi. Alasannya karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” ujarnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.