Dark/Light Mode

Nanya Syarat Pendaftaran Pilwakot Solo: Gibran, Ayo Maju !

Kamis, 19 September 2019 07:39 WIB
Putra sulung Presiden Jokowi; Gibran Rakabuming. (Foto: IG@gibranrakabumingraka_).
Putra sulung Presiden Jokowi; Gibran Rakabuming. (Foto: IG@gibranrakabumingraka_).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gibran Rakabuming Raka ketahuan nanya nanya soal prosedur untuk mendaftarkan diri dalam Pilwalkot Solo 2020.

Mendengar kabar ini, warganet langsung riuh. Mereka mengojok-ojok putra sulung Presiden Jokowi ini.

Mas Gibran, ayo maju! Gibran ketahuan nanya-nanya prosedur itu saat berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Solo, FX hadi rudyatmo, di Loji Gandrung, Solo, kemarin.

Saat ditanya wartawan, Gibran sebenarnya belum mau terus terang mengenai kunjungannya itu.

“Lama enggak ketemu beliau. Lama tidak bertukar pikiran,” kata ayah Jan Ethes ini. apakah akan maju di Pilwalkot Solo tahun depan? Gibran juga tak menjawab tegas.

Dia mengaku hanya memberi beberapa masukan ke Hadi untuk kemajuan Kota Solo. Menurutnya, kota yang juga pernah dipimpin ayahnya selama dua periode itu, butuh sentuhan anak muda.

Baca juga : Jangan Lupa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor, Ini Lokasinya

Namun, Hadi kemudian membeberkan isi pertemuan. Kata dia, Gibran bertemu untuk menanyakan prosedur pendaftaran calon wali kota melalui PDIP.

Ketua DPC PDIP Solo ini pun menganggap sikap Gibran itu sebagai hal yang wajar. Kalau nanya-nanya saja, ya wajar lah. Nanya-nanya bagaimana tentang mekanisme pencalonan dan sebagainya.

Saya beri paparan saja,” katanya. Hadi memastikan, PDIP Solo terbuka kepada siapa pun yang akan maju menjadi calon wali kota.

Hanya saja, ia menggarisbawahi bahwa calon yang bisa diajukan melalui partai berlambang banteng moncong putih merupakan anggota partai.

“PDIP terbuka wong tidak menutup kok. Silakan (Gibran) kalau mau mendaftar,” ujarnya.

Mendengar penjelasan Hadi ini, wartawan kembali bertanya ke Gibran. Berenergi, punya image yang baik dan bersih dan sudah punya nama.

Baca juga : Gibran Raja Es Doger

Sang Pangarep, adik kandung Gibran. “Hmm mmm @Chilli_Pari,” goda Kae sang di akun @kaesangp, dengan melampirkan tangkapan gambar berita tentang keseriusan Kaesang maju Pilwalkot Solo lewat PDIP.

Namun, Gibran kembali tidak memberi kepastian. “Nanti saja. Nanti kalau waktunya sudah pas,” elaknya. Nama Gibran memang masuk dalam bursa calon Wali Kota Solo.

Dalam survei yang dilakukan Lab Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Juli lalu, Gibran menjadi sosok yang memilik popularitas paling tinggi. Mencapai 90 persen.

Tingkat popularitas Gibran sama dengan angka persentase Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo Warganet ikut penasaran dengan hal ini.

Mereka ikut bertanya ke Gibran secara langsung. “Sekedar sowan,” jawab Gibran di akun Twitternya, @ Chilli_Pari. Jawaban tersebut jelas tidak memuaskan warganet.

Termasuk KaeCuitan Kaesang ini langsung dibalas @nancytangerang. “Aq tunggu kampanyenya, martabak gratez?” tulisnya.

Baca juga : Digoda Jadi Calon Walikota Solo Gibran & Kaesang, Mau?

“Kita support anak muda yg kreatif,” dukung @CakTopiq. Yang lain juga ikut nyorong-nyorong. “Majooooo bangg semangatts,” pancing @intanlebang. “Maju terus mas hajar,” timpal @pakwokite77 senada.

“Mau dan mampu, kenapa engga?” sahutnya @jeremyowen__

Ia melanjutkan, setidaknya Gibran aktif di medsos dalam berkomunikasi dengan masyarakat, masih muda dan Di Facebook, akun Sarwono Wasis Basuki menyoroti para haters yang menyindir gelagat langkah Gibran maju di Pilwalkot Solo.

“Apa salah kalau anaknya presiden ikut meramaikan pesta demokrasi? Yg penting dalam pelaksanaannya ti dak ada suap, tidak ada money politik dan tidak ada cawe cawe bapak nya... biarkan yg muda muda ikut berkompetisi dalam demokrasi. Kalian juga boleh ikut kok, ini kan negara demokrasi,” komentarnya.

“Ngikuti jejak ayah dimulai Dr bawah ... Dia ga manfaatin popularitas orgtuanya,” sahut akun Nury Lefi. “Anak muda harus berani maju,” saran Bagus Rahardjo W. “Maju terus gibran,” seru Ezthe Eztho. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.