Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Digoda Jadi Calon Walikota Solo Gibran & Kaesang, Mau?

Jumat, 26 Juli 2019 08:48 WIB
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep (Foto:Istimewa)
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep (Foto:Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, masuk bursa calon Walikota Solo untuk Pilkada 2020. Keduanya dianggap punya modal popularitas dan elektabilitas tinggi untuk meneruskan jejak sang ayah yang pernah menjadi walikota di tempat kelahirannya itu. Namun, dengan kesibukan bisnisnya selama ini, apa mereka mau ya? 

Masuknya nama Gibran dan Kaesang ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. “Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan,” kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Surakarta, Suwardi, di Solo, Jawa Tengah, seperti dikutip Antara, kemarin. 

Survei tersebut dilakukan di 96 titik lokasi dengan delapan responden di masing-masing titik. Jumlah total kuesioner yang disebar sebanyak 768. “Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen,” paparnya. 

Baca juga : Sulit PLN “Main Mata” Di Laporan Keuangan

Survei tersebut menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Dari kategori popularitas, Gibran muncul dengan angka tertinggi. “Dari total jumlah res ponden, 90 persennya mengenal Gib ran,” kata Suwardi. 

Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, juga mendapat popularitas yang sama dengan Gibran. Sedangkan Kaesang berada di urutan ketiga. “Dengan persentase popularitas 86 persen,” tuturnya. 

Di urutan keempat ada nama Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa. Namun, popularitasnya tertinggal jauh. Hanya dikenal oleh 49 persen responden. Dari sisi akseptabilitas, Achmad Purnomo menempati peringkat tertinggi dengan persentase 83 persen. Gibran di posisi kedua dengan angka 61 persen. 

Baca juga : Puan Mesem-mesem

Di posisi ketiga ada Teguh dengan 49 persen. Dari segi elektabilitas, Achmad Purnomo masih menempati urutan pertama dengan angka 38 persen. Urutan kedua ada Gibran dengan 13 persen. Berikutnya Teguh dengan angka 11 persen. Bagaimana tanggapan Gibran dan Kaesang mengenai hal ini? 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, memastikan tidak pernah ada pembicaraan dari keluarga Jokowi untuk mendorong Gibran atau Kaesang maju Pilwakot Solo. 

“Di (Istana) Bogor maupun di Istana Merdeka, sama sekali tidak ada (pembicaraan soal rencana Gibran dan Kaesang maju Pilwalkot),” katanya, tadi malam. 

Baca juga : Sekretaris Golkar DKI Dilaporkan ke Bawaslu

Sepengetahuan dia, Gibran dan Kaesang masih berkonsentrasi dalam menggeluti usaha mandiri di luar pemerintahan. Gibran adalah pemilik usaha martabak Markobar dan bisnis catering Chilli Pari.Sedangkan Kae sang tengah gencar-gencarnya mempromosikan sejumlah merek dagangnya di media sosial, seperti Sang Pisang, Ternakopi, dan Mangkok Ku. 

Menurut Ngabalin, Jokowi tidak pernah mengintervensi anak-anaknya untuk memilih jalur pekerjaan atau bisnis. Termasuk untuk terjun ke kontestasi politik. “Tapi yang pasti, anak-anak itu kan berpikir untuk mandiri dan tidak mau terlibat dalam urusan-urusan yang terkait dalam bisnis dengan pemerintah. Dan itu berkali-kali kita dengar statement mereka. Sehingga kalau hari ini ada survei-survei seperti itu, saya kira ya mungkin lem baga survei atau teman-teman yang melakukan survei itu mencoba kalau mengangkat nama ini apakah menguat atau tidak. Karena tidak ada pembicaran itu sama sekali,” pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.