Dark/Light Mode

Akrab dengan Keluarga Gus Dur, Pengamat: Ganjar-Yenny Punya Chemistry

Senin, 14 Agustus 2023 12:36 WIB
Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo ke kediaman istri dan anak Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid Gus Dur, Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (13/8) malam. (Foto: Istimewa)
Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo ke kediaman istri dan anak Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid Gus Dur, Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (13/8) malam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menyoroti kunjungan bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo ke kediaman istri dan anak Presiden Ke-4 Republik Indonesia (RI) Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (13/8) malam.

Ujang menilai sowannya Ganjar tersebut menunjukkan bahwa Gubernur Jawa Tengah itu memiliki kedekatan secara emosional dengan keluarga Gus Dur.

Dalam pertemuan ini, Ganjar terlihat akrab dengan keluarga Gus Dur, bahkan turut ikut merayakan ulang tahun anak Yenny Wahid saat itu.

Baca juga : Wariskan Semangat Kebudayaan, Pena Mas Ganjar Gelar Pentas Seni Pelajar Di Pati

"Saya melihatnya kunjungan Ganjar ini dalam rangka silaturahim kepada keluarga Gus Dur. Suasana pertemuan sangat akrab, bahkan disitu Ganjar turut merayakan ulang tahun anak Yenny Wahid. Artinya mereka ada kedekatan secara emosional dan ada rasa kekeluargaan," kata Ujang pada RM.id di Jakarta, Senin (14/8).

Selain itu, tambah Ujang, hubungan Ganjar dengan keluarga Gus Dur bukan baru ini terbangun. Melainkan sudah sejak lama. Bahkan, Ganjar kerap hadir di kegiatan-kegiatan haul Gus Dur dan acara yang diselenggarakan Nahdlatul Ulama. Baik di Jakarta maupun di Jombang.

"Memang Ganjar ini memiliki hubungan yang sangat dekat dengan keluarga Gus Dur dan Nahdliyyin. Ya Ganjar ada chemistry lah dengan Bu Sinta dan Mbak Yenny," jelas Direktur Indonesia Political Review (IPR) itu.

Baca juga : Pengamat: Ganjar Punya Komitmen Nyata Atasi Korupsi

Lebih lanjut, Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) ini menganalisa bahwa kedatangan Ganjar ke kediaman keluarga Gus Dur ini sekaligus untuk melakukan penjajakan koalisi.

"Ya, walaupun silaturahmi, tentu pertemuan ini juga upaya untuk melakukan komunikasi politik kepada keluarga Gus Dur. Meminta restu kepada Bu Sinta sebagai istri ulama dan istri mantan presiden," ujar Ujang.

Menurutnya dalam pertemuan ini juga ada pembicaraan tertutup pastilah mengajak mbak Yenny untuk ikut ke dalam gerbong yang sama di Pilpres 2024.

Baca juga : Ribuan Buruh Sumut Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

Sebab, lanjut Ujang, belakangan ini nama Yenny juga turut disebut-sebut masuk dalam bursa hampir semua calon presiden baik itu Anies Baswedan maupun Prabowo Subianto termasuk Ganjar Pranowo.

"Pak Ganjar tentu ingin mbak Yenny ikut mendukung dirinya karena dia dianggap representasi dari Gus Dur dan Nahdliyyin saat ini. Bisa jadi diajak jadi cawapres juga. Karena semua capres ini kan berharap wakil dari NU," pungkas Ujang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.