Dark/Light Mode

Kominfo Fasilitasi Aksara Nusantara Di Perangkat Seluler

Senin, 14 Agustus 2023 21:06 WIB
Kominfo Fasilitasi Aksara Nusantara Di Perangkat Seluler

 Sebelumnya 
Ismail menambahkan, rangkaian diskusi perencanaan virtual keyboard aksara nusantara di perangkat seluler, nantinya akan di sosialisasikan ke seluruh vendor.

Rangkaian kegiatan ini akan dimulai dari Agustus hingga November 2023. Pegiat aksara nusantara yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan perwakilan masing-masing aksara yang sudah mendapat pengesahan SNI, antara lain Setya Amrih Prasaja & Arief Budiarto (aksara jawa), Dadan Sutisna & Agung Zaenal (aksara sunda), Carma Citrawati & Cokorda Rai Adi Pramartha (aksara bali).

Baca juga : DPR Apresiasi Cara Pangdam V Brawijaya Tangkal Hoaks

Selain itu hadir pula Diaz Nawaksara (aksara pegon), serta Aditya Bayu Perdana & Ilham Nurwasah (aksara kawi) yang kordinasinya difasilitasi oleh Yayasan Budaya Nusantara Digital (YBND).

Ketua Yayasan Budaya Nusantara Digital, Amelya Nugroho menyampaikan apresiasinya kepada Kominfo melalui SDPPI, karena berkenan memfasilitasi rangkaian acara tersebut,

Baca juga : Urusan Kelaparan Di Papua Sudah Tertangani

"Saya mewakili rekan-rekan pegiat aksara nusantara sangat mengapresiasi pihak Kominfo yang sudah mendukung kegiatan ini, tersedianya aksara nusantara pada setiap perangkat digital yang dipasarkan di Indonesia," ujar Amelia.

Hal ini menurutnya, merupakan tujuan utama dan cita-cita sejak lama dari para pegiat aksara nusantara & para pengajar bahasa daerah di sekolah, juga pengajar di pesantren (khususnya untuk aksara pegon) .

Baca juga : Lagi, Timnas Voli Putri Kalah Di Pentas SEA V League

"Tidak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang dulu mengawali kegiatan digitalisasi aksara nusantara hingga menghasilkan pengesahan SNI," ujarnya.

Amelia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada kominfo yang telah memfasilitasi rangkaian panjang kegiatan digitalisasi aksara nusantara di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.