Dark/Light Mode

Prabowo Ungguli Para Pesaingnya

Gerindra Rangkul Seluruh Elemen

Selasa, 1 Agustus 2023 10:57 WIB
Ketua DPP Partai Gerindra Sudarto. Foto: Istimewa
Ketua DPP Partai Gerindra Sudarto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto unggul di atas lawannya, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, 200 hari jelang Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai Gerindra, Sudarto bersyukur, elektabilitas Prabowo semakin unggul dari para pesaingnya. Namun, hasil ini tak membuat jemawa.

"Insya Allah memang Pak Prabowo yang memenangkan Pilpres 2024. Survei positif justru harus membuat kita kerja semakin keras," kata Sudarto dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia yakin, dengan gerak seluruh kader Gerindra dan relawan yang semakin sinergi, serta ditopang dengan kinerja positif Prabowo di Kabinet Indonesia Maju jilid 2, elektabilitas akan semakin moncer.

Baca juga : Prabowo Ungguli Ganjar dalam Polling Capres Denny Siregar di Twitter

Saat ini, upaya untuk merangkul berbagai kelompok dan elemen juga terus dilakukan. Teranyar, dukungan diberikan Partai Bulan Bintang (PBB).

"Memang terus bekerja menambah pasukan dalam gerbong kemenangan. Alhamdulillah dapat dukungan dari Pak Yusril Ihza Mahendra kemarin saat Milad PBB," ujar Sekjen PP Gerakan Muslim Indonesia (GEMIRA) ini.

Namun, Sudarto mengingatkan, meskipun dalam berkompetisi, Prabowo selalu meminta pendukungnya santun dan bermartabat dalam melakukan sosialisasi. Seperti tidak membalas hoaks dan fitnah dengan provokasi dan kecaman.

"Bersaing tapi tetap saling hormat. Itu justru yang akan menambah simpati publik," tandas Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah II ini.

Baca juga : KCIC Lakukan Pembersihan Jaringan Bersama Seluruh Stakeholder

Diketahui, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA teranyar, selisih jarak antara Prabowo dan saingan terdekatnya Ganjar, kian lebar. Khususnya dalam simulasi head to head hanya dua tokoh saja.

"Jarak elektabilitas Prabowo dengan Ganjar semakin lebar. Sampai dua digit," kata Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas saat rilis hasil surveinya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, kemarin.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka dengan kuesioner 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. Survei ini dilakukan rentang 3-15 Juli 2023.

LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

Baca juga : Gerindra: Kaesang Kudu Sering Main Ke Depokā€¦

Dipaparkan, pada Juli 2023, jarak elektabilitas Prabowo dengan Ganjar Pranowo mencapai 10,4 persen. Elektabilitas Prabowo sebesar 52 persen, sedangkan Ganjar sebesar 41,6 persen. Dari tracking survei 2023 sejak Januari, Mei, Juni, hingga Juli, terlihat tren elektabilitas Prabowo menanjak.

Sedangkan Ganjar turun naik. Januari 2023, elektabilitas Prabowo 38,5 persen. Mei naik menjadi 44,5 persen. Juni naik kembali menjadi 50,4 persen, dan Juli naik menjadi 52 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.