Dark/Light Mode

Perluas Dukungan Untuk Ganjar Pranowo

Ganjaran Buruh Perjuang Serap Masukan Dari Presiden KSBSI

Selasa, 15 Agustus 2023 09:34 WIB
DPP Ganjaran Buruh Berjuang GBB mengunjungi Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia KSBSI dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh FSB Garteks di kantor KSBSI di Jalan Tanah Tinggi 2 No.25, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta. (Foto: Ist)
DPP Ganjaran Buruh Berjuang GBB mengunjungi Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia KSBSI dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh FSB Garteks di kantor KSBSI di Jalan Tanah Tinggi 2 No.25, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPP Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) terus berusaha memperluas jangkauan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024.

Salah satunya dengan melakukan safari politik kepada para pimpinan federasi konfederasi serikat buruh dan pekerja. 

Kali ini yang kunjungi adalah Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh (FSB) Garteks.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan kegiatan itu ditujukan untuk menyerap masukan-masukan konsep dan solusi atas isu-isu ketenagakerjaan. 

Dalam kunjungan ke kantor KSBSI di Jalan Tanah Tinggi 2 No.25, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta itu, DPP GBB dihadiri Ketua Dewan Pembina Ferry Indrianto, Ketua Umum Lukman Hakim, Sekretaris Jenderal Kelik Ismunanto, Bendahara Umum Opsgat Bagus Priambodo, dan Ketua Bidang Hubungan Internasional David Siburian. 

Baca juga : Satkar Ulama: Dukungan Airlangga Ke Prabowo Sesuai Keputusan Tertinggi Partai

Rombongan GBB itu semua diterima langsung oleh Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban dan Ketua Umum FSB Garteks Ary Joko beserta Sekjend FSB Garteks Trisnur. 

Dalam obrlolan dengan suasana santai, Elly Rosita mengungkapkan beberapa isu strategis yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, antara lain: perbaikan pasal-pasal dalam kluster ketenagakerjaan dalam UU Omnibus Law Ciptakerja dan isu transisi yang adil terkait perubahan iklim. 

"Kami tidak menolak omnibus law secara keseluruhan, kami hanya inginkan adanya perbaikan pada pasal-pasal dalam cluster ketenagakerjaan pada UU Cipta Kerja" ujar Elly dalam siaran persnya, Senin (14/8).

Elly juga mengaku bahwa KSBSI sudah punya kajian dan kertas posisi terkait poin-poin perbaikan tersebut.

Dia mengungkapkan usulan perbaikan itu sudah cukup lama disampaikan ke beberapa pihak di pemerintahan dan DPR. Namun, tidak mendapatkan respons yang nyata.

Baca juga : Rayakan Hari ASEAN Bareng Presiden Sri Lanka

Sehingga dengan adanya kunjungan GBB yang merupakan sukarelawan Ganjar Pranowo diharapkan dapat menitipkan aspirasi kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. 

Menurut Elly, Ganjar mempunyai karakter kepemimpinan yang dibutuhkan Indonesia ke depan, dekat dengan rakyat dan terbuka pada setiap aspirasi. 

Beberapa hal yang menjadi aspirasi perbaikan dalam cluster ketenagakerjaan dalam cipta kerja itu adalah pasal-pasal yang terkait dengan upah, kontrak/outaourcing, pesangon dan persoalan TKA.

"Saya yakin Pak Ganjar dapat menemukan cara win-win solution untuk melakukan perbaikan regulasi dengan melibatkan seluruh stakeholder" ujar Elly. 

Atas masukan tersebut, Lukman Hakim sangat apresiasi dan berterima kasih kepada Presiden KSBSI yang berjanji akan memberikan salinan kertas posisi terkait perbaikan pasal-pasal UU Ciptaker. 

Baca juga : Relawan Yakin, Ganjar Adalah Pemimpin Yang Dianalogikan Jokowi Pelari Maraton

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto sangat mengapresiasi atas penerimaan yang hangat oleh Presiden KSBSI dan Ketua Umum Garteks atas safari kepada para pimpinan serikat buruh.

Lebih lanjut Ferry mengungkapkan bahwa kunjungan atau Safari GBB kepada para pimpinan serikat buruh ini merupakan bagian dari peran GBB sebagai sukarelawan sektoral buruh Ganjar Pranowo dalam membangun komunikasi yang baik.

Pihaknya juga menghimpun ide dan gagasan yang konstruktif untuk dirumuskan lebih lanjut bersama serikat-serikat buruh dan untuk bersama-sama disampaikan dalam kesempatan ramah tamah serikat - serikat buruh bersama Ganjar Pranowo.

"Rumusan terebut diharapkan dapat menjadi bahan untuk perbaikan kebijakan di masa Pak Ganjar menjabat Presiden Indonesia," ujar dia.

Sementara itu Ketua Umum FSB Garteks, Ary Joko Sulistyo merasa senang atas kunjungan DPP GBB  dan menegaskan bahwa pihaknya tetap konsisten mendukung Ganjar Pranowo dengan melakukan canvassing di tingkat perusahaan bersama GBB. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.