Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing

Rayakan Hari ASEAN Bareng Presiden Sri Lanka

Sabtu, 12 Agustus 2023 06:32 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing (ketiga kanan) mendampingi Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe yang menghadiri perayaan Hari ASEAN di KBRI Colombo, Sri Lanka Selasa 8/8. (Foto KBRI Colombo)
Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing (ketiga kanan) mendampingi Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe yang menghadiri perayaan Hari ASEAN di KBRI Colombo, Sri Lanka Selasa 8/8. (Foto KBRI Colombo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Colombo, Sri Lanka, kehadiran tamu kehormatan saat mengadakan acara peringatan Hari ASEAN ke-56, Selasa (8/8). Acara yang digelar di KBRI Kolombo itu dihadiri Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Sri Lanka, Dewi Gustina Tobing yang mewakili para Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN menyampaikan, Hari ASEAN berawal dari peristiwa yang terjadi pada 8 Agustus 1967. Saat itu, lima Menteri Luar Negeri dari kawasan Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, bertemu di Bangkok, Thailand, untuk menandatangani dokumen pembentukan ASEAN.

“Sejak saat itu, ASEAN telah berhasil membangun kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang terintegrasi secara ekonomi, politik, dan budaya,” sambung Dewi, dikutip dari keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Dubes RI Di Manila Agus Widjojo Perkenalkan Tempe Di Festival Makanan ASEAN 2023

Dia juga menyampaikan, Indonesia yang memegang Keketuaan ASEAN mengusung tema ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’, dengan maksud, ASEAN dapat memperkuat peran sentralnya (ASEAN Centrality) dan menjadi pusat pertumbuhan signifikan bagi masyarakat Asia Tenggara dan dunia. Serta mengimplementasikan konsep ASEAN Outlook on Indo-Pasifik.

“ASEAN juga akan terus bekerja sama dengan Sri Lanka,” tutur Dewi. Pada kesempatan yang sama, Presiden Wickremesinghe memuji perkembangan dan peran sentral ASEAN.

Dia juga menyampaikan keinginan Sri Lanka menjalin kerja sama yang lebih erat dengan ASEAN, mengingat ikatan sejarah yang kuat antara Sri Lanka dan negara-negara di Asia Tenggara. Wickremesinghe juga menekankan, pihaknya akan membangun kerja sama yang lebih erat dengan ASEAN, baik di bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya, serta bergabung dalam Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Baca juga : Srikandi Ganjar Adakan Latihan Badminton Bareng Milenial Di Pekanbaru 

Selain itu, Wickremesinghe menyampaikan, komitmen Pemerintah Sri Lanka dalam mendukung konsep ASEAN Outlook on Indo-Pacific dan mengharapkan adanya pening - katan perdagangan, investasi, dan wisatawan dari negara-negara ASEAN, yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi Sri Lanka.

 

Peringatan Hari ASEAN tahun ini terdiri dari dua kegiatan. Yaitu pengibaran bendera ASEAN, yang dilakukan tiga personel KBRI Colombo, dirangkai dengan resepsi.

Baca juga : Dubes RI Untuk China Dapat Ucapan Selamat Ultah Dari Raja Dangdut

Dalam perayaan tersebut turut hadir anggota Parlemen Sri Lanka, para Menteri Kabinet, Kepala Perwakilan negara sahabat, Kepala Staf Presiden Sri Lanka, Panglima Angkatan Bersenjata, KSAD, KSAL, KSAU Sri Lanka, to￾koh agama, hingga pengusaha Sri Lanka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.