Dark/Light Mode

121 Tahun Bung Hatta

Kepala Perpusnas Gelorakan Semangat Literasi Bung Hatta

Selasa, 15 Agustus 2023 20:04 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (memakai batik) menyerahkan buku Antologi Puisi Madah Teruna untuk Hatta: Membingkai Bung Hatta dalam Puisi kepada Halida Halida Nuriah Hatta, putri ketiga Bung Hatta, dalam acara 121 Tahun Bung Hatta, Selasa (15/8). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (memakai batik) menyerahkan buku Antologi Puisi Madah Teruna untuk Hatta: Membingkai Bung Hatta dalam Puisi kepada Halida Halida Nuriah Hatta, putri ketiga Bung Hatta, dalam acara 121 Tahun Bung Hatta, Selasa (15/8). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, terus menggelorakan semangat literasi Bung Hatta. Di tengah berbagai keterbatasan hingga berada di balik jeruji penjara pun, Bung Hatta terus membaca.

“Indonesia ini berdiri atas perjuangan orang-orang yang mencintai membaca. Di saat negara lain sibuk mempersenjatai diri, pahlawan kita sibuk menambah ilmu dengan membaca. Spirit Bung Hatta yang gemar membaca merupakan modal besar bangsa kita dan harus kita teladani,” ungkapnya, saat membuka Talkshow bertajuk “121 Tahun Bung Hatta: Bangkit Bersama Literasi Inklusi”, Selasa (15/8).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan 121 Tahun Bung Hatta yang digelar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, di Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga : Dinas Perpustakaan DKI Gelar Pameran Koleksi Arsip Di Stasiun MRT Bundaran HI

Menurut Syarif, semangat perjuangan Bung Hatta yang terus digelorakan akan mendorong masyarakat untuk terus berkarya melalui inovasi dan kreativitas.
Dia menambahkan, semangat generasi muda saat ini untuk berliterasi belum sekuat Bung Hatta. “Padahal literasi menjadi jalan bagi masyarakat untuk berkontribusi pada kemajuan bangsa,” tegasnya.

Literasi, menurut Syarif, adalah kedalaman ilmu pengetahuan seseorang terhadap subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa untuk memenangkan persaingan global. 

Dalam kesempatan yang sama, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta juga meluncurkan buku berjudul “Antologi Puisi Madah Teruna untuk Hatta: Membingkai Bung Hatta dalam Puisi”. Buku ini merupakan hasil Workshop Penulisan Puisi Bung Hatta yang merupakan bagian dari pelaksanaan Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Baca juga : Sambut Kemerdekaan RI, Sahabat Ganjar Gelorakan Semangat Gotong Royong

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Staf Ahli Wali Kota Bukittinggi, Melfi Abra, menjelaskan bahwa upaya yang akan dilakukan dalam pengembangan ekonomi kerakyatan di kota kelahiran Bung Hatta tersebut. Melalui nilai-nilai baik yang diwariskan Bung Hatta, Pemerintah Kota Bukittinggi akan mendorong generasi muda berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat.
“Pemerintah Kota Bukittinggi akan menjadikan kota ini sebagai Kota Warisan Budaya Bung Hatta sehingga wisatawan yang datang ke Kota Bukittinggi akan mengenal Bung Hatta dan kepribadiannya,” terangnya.

Melfi menjelaskan, untuk memajukan perekonomian Kota Bukittingi akan dilakukan pengembangan usaha bersama berbasis koperasi syariah.

Dalam kesempatan yang sama, Halida Halida Nuriah Hatta, putri ketiga Bung Hatta, yang hadir sebagai narasumber mengungkap, ayahnya juga menularkan semangat literasi melalui membaca dimulai dari keluarganya sendiri. Dirinya dan 2 saudaranya sudah diajak dan dibuat tertarik pada buku membaca melalui koleksi buku yang dimiliki Bung Hatta.

Baca juga : Terima Pengurus FKPPAL, Bamsoet Ajak Gelorakan Semangat Bela Negara

“Sebagai generasi Bung Hatta kita harus menjaga budaya kritis dan juga membaca. Kita harus memiliki tekad yang kuat untuk bersama mewujudkan cita-cita bangsa,” imbuhnya.

Di acara itu juga hadir sebagai narasumber Deputi Direktur Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan Ivan Ahda dan dokter serta inovator kesehatan Gamal Albinsaid.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.