Dark/Light Mode

HUT Ke-78 RI

Mahfud MD Ajak Cintai Negara Tanpa Kenal Lelah

Kamis, 17 Agustus 2023 14:45 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Istimewa
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, rakyat Indonesia saat ini wajib bersyukur atas semua jerih payah para pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Kita harus benar-benar bersyukur bahwa kita punya para pahlawan, para pemimpin yang berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," kata Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam RI, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

Hasil jerih payah dan perjuangan para pejuang dan pemimpin masa lalu berhasil membuat Indonesia semakin gagah di dunia internasional.

Baca juga : Kado HUT ke-78 RI, Konstruksi dan Commissioning Proyek Tangguh Train 3 Selesai

"Sehingga negara kita ini menjadi gagah di tengah-tengah bangsa-bangsa dunia, dan menjadi anggun dalam pergaulan internasional," ujarnya.

Karenanya, Menko Polhukam yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengajak semua masyarakat Indonesia bersyukur atas pencapaian 78 tahun Indonesia Merdeka dengan cintai negeri ini tanpa batas.

"Maka kita syukuri ini, 78 kemerdekaan republik Indonesia dengan terus mencintai negara dan bangsa ini tanpa pernah lelah," serunya.

Baca juga : Rayakan HUT RI Ke-78, Astra Bikin Acara 17-an

Cara bersyukurnya, kata Mahfud, adalah berkontribusi untuk kebaikan bangsa dan negara, terutama menjaga persatuan di dalam keberagaman atau Bhinneka Tunggal Ika.

Karena hanya persatuan dan kesatuan yang jadi pondasi Indonesia menjadi negara yang maju dan semakin besar lagi.

"Itu modal terbaik bagi kita untuk menjaga negara ini dan menjadi maju sebagai bangsa maupun sebagai manusia secara pribadi-pribadi," tandasnya.

Baca juga : Libur HUT Ke-78 RI, Penumpang Banjiri Stasiun-stasiun Kereta Api

Kelemahan terbesar bangsa Indonesia ini adalah percerai-beraian antar sesama anak bangsa. Sehingga ia pun menekankan, semua stakeholder Indonesia bisa bersatu dan bekerja sama untuk saling menguatkan.

"Kalau kita tidak bersatu akan ada perpecahan. Jelas akan sangat merugikan kita sebagai bangsa yang kuat untuk persatuan," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.