Dark/Light Mode

PP Ikastara Bersama Warga Kolong Tol Angke Rayakan Hari Kemerdekaan

Kamis, 17 Agustus 2023 16:06 WIB
Perayaan HUT ke-78 RI yang digelar PP Ikastara dengan warga Kolong Tol Angke, Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (17/8). (Foto: Istimewa)
Perayaan HUT ke-78 RI yang digelar PP Ikastara dengan warga Kolong Tol Angke, Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (17/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (PP Ikastara) merayakan HUT ke-78 RI secara berbeda. PP Ikastara mengadakan perayaan bersama beberapa kelompok masyarakat, di Kolong Tol Angke, Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (17/8).

PP Ikastara menyelenggarakan lomba bersama warga dan anak-anak sekolah, membagikan sembako, serta penyaluran pakaian dan sepatu layak pakai. Bekerja sama dengan guru-guru dan relawan yang aktif memberdayakan warga kolong tol, PP Ikastara berupaya membawa optimisme kemerdekaan bagi para warga yang mungkin selama ini kurang diperhatikan. Bahkan untuk anak-anak, perayaan dan lomba dalam rangka HUT RI tahun ini adalah yang pertama kalinya.

Baca juga : Biden Sampaikan Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan RI Kepada Jokowi

Sekjen PP Ikastara Surya Lung hadir mewakili pengurus yang lain. Dia mengatakan, setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan.

“Meski sudah menjadi tugas Pemerintah menyediakan hal tersebut, kita juga tahu keterbatasan yang dimiliki. Maka, menjadi tugas kita semua, secara bersama-sama sesuai kemampuan kita, untuk membantu mereka memperoleh akses pendidikan. Jangan biarkan semangat kemerdekaan luntur dalam keterbatasan," ucapnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Adakan Pengajian Bersama Menyambut HUT Kemerdekaan RI Di Jakut

Acara diawali dengan upacara Perayaan HUT ke-78 RI, lalu dilanjutkan dengan permainan tradisional antar siswa maupun warga. Acara diisi juga dengan lomba pantun bertema kemerdekaan serta diskusi singkat dengan warga dan relawan yang sudah banyak berkontribusi untuk pengembangan pendidikan dasar warga. Rangkaian acara kemudian ditutup dengan pembagian sembako hingga menikmati es krim bersama dengan semua anak-anak yang antusias mengikuti acara.

Ke depan, PP Ikastara bersama dengan kelompok-kelompok masyarakat juga merencanakan berbagai program dan bantuan yang sifatnya berkelanjutan. Selain sarana prasarana pendidikan, disiapkan pula akses untuk kegiatan non-formal yang bertujuan mengembangkan rasa percaya diri dan kemauan memiliki cita-cita tinggi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.