Dark/Light Mode

Wujud Syukur Kemerdekaan, Pesantren Ngruki Gelar Upacara HUT RI

Kamis, 17 Agustus 2023 16:27 WIB
Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Baasyir (kanan) mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-78 RI, di Pesantren Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (17/8). (Foto: Dok. BNPT)
Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Baasyir (kanan) mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-78 RI, di Pesantren Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (17/8). (Foto: Dok. BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (17/8), menggelar upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Ini menjadi sejarah kedua kalinya pesantren ini ikut terus menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Abu Bakar Baasyir, juga mengikuti prosesi upacara pengibaran bendera tersebut dari awal hingga akhir. Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Nisan Setiadi.

Prosesi upacara dimulai dengan pembacaan kalam ilahi oleh santri Ngruki dilanjutkan dengan proses upacara pengibaran Bendera Merah Putih. Bertindak sebagai inspektur upacara salah satu Pimpinan Yayasan Ustaz Farid Ma'ruf.

Baca juga : 17 Contoh Ide Ucapan Hari Kemerdekaan Sesuai Tema HUT RI Ke 78 Di Medsos

Mayjen TNI Nisan Setiadi mengapresiasi pelaksanaan upacara kemerdekaan di Pesantren Ngruki. "Saya kagum dengan semangat para santri, terutama inspektur upacara, yang walaupun dengan umur yang sudah lanjut masih kuat dan tidak ada satu pun kesalahan dalam memimpin pelaksanaan upacara ini," tuturnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (17/8).

Dia menerangkan, pelaksanaan upacara merupakan inisiatif Pesantren Ngruki. Seluruh perangkat upacara dilaksanakan pengurus dan santri pesantren.

Ustaz Farif Ma'ruf sebagai inspektur upacara menyampaikan harapan tentang kemajuan dan persatuan Indonesia. Menurutnya, persatuan bangsa harus terus dijaga oleh seluruh bangsa ini.

Baca juga : Sambut Hari Kemerdekaan, Crivisaya Ganjar Adakan Lomba Catur Di Palembang

"Tidak ada kemerdekaan tanpa persatuan. Indonesia yang sangat kaya dan beragam ini dikuatkan dengan persatuan" ucapnya.

Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan RI diharapkan terus dilaksanakan di pesantren ini. Menurut Ma'ruf, kegiatan ini menjadi bentuk syukur terhadap kemerdekaan yang telah diraih bangsa ini.

"Sebelum merdeka, bangsa ini menjadi bangsa yang payah dan hina. Tetapi, kemerdekaan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik dan maju" pungkasnya.

Baca juga : Dukung Sektor Perbankan, Persaingan Bank Syariah Besar Dibutuhkan

Setelah pelaksanaan upacara bendera, seluruh santri diarahkan masuk ke dalam masjid untuk memanjatkan doa bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.