Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri Peresmian Museum Galeri SBY-Ani

Ibas: Perjalanan Menyatukan Mas Lalu, Kini Dan Masa Depan

Jumat, 18 Agustus 2023 14:15 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI sekaligus putra kedua Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono menghadiri Peresmian Museum dan Galeri Seni SBY-ANI pada Kamis (17/8). (Foto: Ist)
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI sekaligus putra kedua Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono menghadiri Peresmian Museum dan Galeri Seni SBY-ANI pada Kamis (17/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI sekaligus putra kedua Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono menghadiri Peresmian Museum dan Galeri Seni SBY-ANI pada Kamis (17/8). 

Pria yang kerap disapa Ibas ini hadir bersama sang istri, Siti Ruby Aliya Rajasa Yudhoyono, dan keempat anaknya, Airlangga, Sakti, Gayatri, serta Alisha.

Kekaguman dan kebanggaan terus terpancar dari wajah Ibas. Museum yang terletak di Jalan Teluk Tembora, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini merupakan museum kepresidenan pertama di Asia. 

Berdiri di tengah kota kecil, Museum dan Galeri SBY-ANI tampak begitu megah menyimpan sejuta kisah perjalanan karier dan karya Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. 

“Ini merupakan momen yang penting dalam kita mengapresiasi dan melestarikan kekayaan ilmu, seni, dan budaya Indonesia, serta mengenang perjalanan, karya, jasa, dan kontribusi ayahanda kita, Bapak Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, Pak SBY, Presiden RI kita yang ke-6, dan almarhumah Ibu Ani Kristiani Herawati dalam memajukan negeri ini,” ujar Ibas, Jumat (18/8) dalam keterangannya.

Baca juga : Ganjar Dorong Pemerataan Pendidikan Masyarakat Sampai Ke Pelosok

Ibas menyampaikan, Museum dan Galeri SBY-ANI merupakan wujud hadiah dari SBY kepada seluruh masyarakat. Sebagai wakil rakyat, ia sangat mendukung penuh pengembangan ilmu, karya, dan pelestarian seni dan budaya Indonesia. Bagi Ibas, ilmu merupakan cerminan kemajuan dan seni merupakan cerminan dari jiwa dan identitas bangsa Indonesia.

“Satu hal yang saya ingat dari Pak SBY dan almarhumah Ibu Ani, beliau selalu mendorong anak-anaknya, para generasi muda untuk selalu belajar dan berproses, serta melakukan yang terbaik dalam kehidupan ini. Mereka mengatakan, ‘hidup adalah seperti universitas yang abadi,’ tidak ada jalan yang lunak menuju keberhasilan dan cita-cita besar,” terang Ibas.

Anggota Komisi VI DPR RI ini berharap Museum dan Galeri Seni SBY-ANI dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak, tidak terbatas hanya warga Kabupaten Pacitan saja.

“Semoga Museum dan Galeri Seni SBY-ANI terus abadi, menjadi ruang terbuka untuk umum sehingga siapa saja, tidak hanya masyarakat di wilayah Pacitan, tetapi di seluruh Indonesia bisa memiliki dan menikmatinya," kata dia.

“Saya senang sekali dan mendukung penuh keberadaan museum yang dibangun bukan hanya di kota-kota besar. Meskipun Museum dan Galeri Seni SBY-ANI berada di kabupaten kecil di Indonesia, tapi ini akan menjadi mahakarya indah dari Kota 1.001 gua yang penuh pesona,” harap Ibas.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Sunatan Massal Di Rangkasbitung

Ibas mengajak masyarakat sekalian untuk menjadikan momentum pembukaan museum ini sebagai awal dan perjalanan yang panjang dalam menyatukan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

“Semoga museum ini terus abadi, menjadi ruang terbuka untuk umum. Sehingga siapa saja, teman-teman kita, saudara-saudara kita, keluarga kita dari Pacitan di seluruh tanah air dapat memilikinya, bisa menikmatinya. Menjadi tempat inspirasi bagi pengunjung dari segala lapisan di Indonesia. Menjadi tempat bertukar gagasan dan memperkuat ide demi masa depan yang lebih baik, maju, sejahtera, dan berkeadilan sosial,” kata Ibas.

Saat menyampaikan sambutan, SBY menjelaskan museum dan galeri ini berisi koleksi benda seni miliknya serta mendiang istri, Ani Yudhoyono, yang berasal dari karya terbaik seniman Indonesia dan seniman mancanegara. Selain itu, di dalam museum juga terdapat hasil karya lukisannya dan karya fotografi Ani.

"Di balik itu ada satu tujuan besar, Indonesia yang kita cintai ini harus terus menerus disiram dengan keteduhan dan keindahan. Dunia estetika harus hadir mendampingi logika dan etika," ujar SBY.

SBY mengatakan museum dan galeri ini juga merupakan rekaman sejarah saat ia memimpin Indonesia selama 10 tahun, yaitu sejak 2004 hingga 2014. Menurutnya, museum ini sekaligus bentuk pertanggungjawaban kepada negara dan rakyat.

Baca juga : Beri Penghormatan, Masyarakat Sasak NTB Sematkan PIN Dan Pemaje ke Ganjar

"Museum ini adalah rekaman sekaligus narasi bagaimana dulu kita mengemban amanah rakyat mulai 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. Ini semua hakikatnya juga pertanggungjawaban moral kita kepada rakyat Indonesia. Untuk para sahabat, serahkanlah pada sejarah, pada rakyat, let the history and the people of Indonesia judge what we have done to this beloved country," katanya.

Sebelumnya, Ibas juga sempat mengajak masyarakat Daerah Pilihan (dapil) VII Jawa Timur melihat lebih dekat karya-karya SBY di dalam museum. Para warga pun menyambut dengan sangat antusias. “Sukses terus untuk Mas Edhie Baskoro! Terima kasih, museumnya sangat bangus. Kita jadi tahu bagaimana perjuangan Pak SBY semasa menjabat menjadi presiden,” ungkap Adit.

“Banyak hal-hal yang belum saya ketahui dan bisa saya lihat di museum ini, banyak juga hal-hal yang mengedukasi. Saya sangat berterima kasih kepada Mas Ibas telah mengundang kami ke Museum dan Galeri SBY-ANI. Semoga Mas Ibas sukses selalu,” ujar Fatma.

“Menurut saya pribadi, ini merupakan salah satu museum yang paling romantis. Di dalam museum juga terdapat sejarah kisah cinta antara Bapak SBY dan Ibu Ani yang sungguh luar biasa jika kita pelajari,” tutur Eni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.