Dark/Light Mode

Penumpang Kereta Api Antusias Ikuti Aneka Program Khusus HUT RI

Jumat, 18 Agustus 2023 13:56 WIB
Penumpang Kereta Api Antusias Ikuti Aneka Program Khusus HUT RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Lonjakan penumpang Kereta Api terjadi di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78. Puncaknya, pada Kamis (17/8), yang jumlahnya mencapai 112.822 penumpang.

Antusiasme ini terasa sejak Selasa (16/8) dengan jumlah penumpang mencapai 113.197 orang. Diperkirakan keramaian ini akan terus berlanjut hingga akhir liburan pada Minggu (20/8). 

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar berbagai program dan hiburan menarik kepada penumpang kereta api dalam rangka HUT RI kali ini. 

Baca juga : Kementan Dukung Petani Milenial Melalui Program KUR

Mulai dari penawaran tiket spesial, livery khusus stasiun dan kereta api dengan tema kemerdekaan, hingga lomba-lomba tradisional seperti Lomba Tarik Lokomotif dan Lomba Cuci Kereta. 

Tak hanya itu, momen penghormatan detik-proklamasi juga dihadirkan di stasiun dan atas kereta api, melibatkan petugas KAI dan penumpang.

Vice Presiden Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan pentingnya kegiatan detik-detik proklamasi ini dalam membangkitkan semangat nasionalisme. 

Baca juga : Wagub Jabar Apresiasi Kinerja Program CSA Kementan

Semua penumpang dan petugas KAI diinstruksikan untuk berdiri lalu mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya  pada pukul 10 pagi, Kamis (17/8) kemarin.

"Semua kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian KAI dalam menumbuhkan rasa nasionalisme kepada masyarakat agar cinta Tanah Air dan rela berkorban dalam mengisi kemerdekaan seperti pengorbanan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan," kata Joni Martinus.

Ia berharap semangat cinta Tanah Air dan patriotisme ini dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk mewujudkan kemajuan bangsa, sambil tetap menjaga keutuhan dan persatuan Tanah Air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.