Dark/Light Mode

Dimulai Hari Ini, PNS Jakarta WFH 2 Bulan

Senin, 21 Agustus 2023 08:00 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersiap mengikuti rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/8/2023). Ratas itu membahas peningkatan kualitas udara kawasan Jabodetabek. (Foto: Antara)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersiap mengikuti rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/8/2023). Ratas itu membahas peningkatan kualitas udara kawasan Jabodetabek. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan DKI Jakarta bakal memulai work from home (WFH). Kebijakan WFH ini bakal dicoba untuk 2 bulan ke depan. Harapannya, kualitas udara Jakarta yang sangat buruk, bisa berkurang.

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengatakan, WFH bagi ASN mulai dari 21 Agustus 2023 sampai 21 Oktober 2023. Ia menyebut, WFH selama dua bulan ini sebagai uji coba. Jika kebijakan tersebut tidak berjalan efektif menekan polusi udara di Jakarta, tentu Pemprov DKI akan menghentikannya.

“Kalau dalam kurun waktu tidak sampai 21 Oktober misalnya tidak efektif, karyawan atau ASN yang WFH di rumah tidak disiplin, ya saya kembalikan,” kata Heru di Jakarta, kemarin.

Baca juga : 260 Bacaleg DPR Tak Masuk DCS

Menurut Heru, kebijakan ini sepertinya tak hanya berlalu bagi ASN di lingkungan Pemprov DKI saja. Semua perangkat Pemerintah Daerah (Pemda) yang ada di wilayah Jabodetabek, juga akan dilakukan.

“Tentunya tidak selama DKI, tapi ada wacana kemarin di tingkat pimpinan untuk melakukan penyesuaian mirip-mirip seperti Pemda DKI,” beber Heru.

Meski begitu, Heru meminta kebijakan ini tidak lantas dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang produktif. Apalagi sampai dimanfaatkan ASN untuk keluyuran di saat jam kerja.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Hari Ini Di Jakarta, Senin 14 Agustus 2023, BMKG: Cerah Berawan

“Agar dia tidak mondar-mandir, dan dia tidak boleh juga ke mana-mana, dan dia bekerja di rumah,” pesannya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, seluruh pegawai di kantor kementerian yang ada di Jakarta akan WFH. Keputusan ini diambil, usai pihaknya melakukan rapat bersama dengan Menko Maritim dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

“Ya dalam rapat dengan pak Menkomarves, salah satu rekomendasinya kita bersama-sama ya, seluruh kementerian sepakat untuk WFH,” ujar pria yang akrab disapa BKS ini, kemarin.

Baca juga : Sambut HUT ke-78 RI, Mall Ciputra Jakarta Hadirkan 60 Kuliner Nusantara

Terkait teknis dan pelaksanaannya, WFH baru akan diterapkan di seluruh kementerian jika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sudah mengeluarkan Surat Edarannya. Selain WFH, Pemerintah berencana melakukan modifikasi cuaca.

“Dan juga mungkin akan dilakukan modifikasi cuaca ya sekitar tanggal 21,” ungkap mantan dirut Angkasa Pura II ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.