Dark/Light Mode

Ramaikan Peringatan Hari Anak, BPIP Pamerkan Festival Pancamain

Selasa, 25 Juli 2023 21:38 WIB
Festival Pancamain. (Foto: Ist)
Festival Pancamain. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Anak Nasional 2023 diselenggarakan secara gotong royong oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Semarang berlangsung meriah.

Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/7)

Kegiatan yang mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" yang memiliki tagline #BeraniKarenaPeduli ini diramaikan dengan beberapa penampilan kreasi budaya oleh anak-anak, permainan rakyat yang dimainkan oleh anak-anak dan juga banyak booth yang bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Baca juga : Promosikan Desa Wisata Wringinputih, Pertamina Gelar Balkon Fest

Dalam kesempatan ini, BPIP melalui Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi turut bergotong-royong meramaikan puncak peringatan Hari Anak Nasional 2023 dengan menggelar “Festival Permainan Rakyat Pancamain Indonesia” yang diikuti oleh ratusan anak-anak pelajar tingkat dasar.

Pancamain Indonesia merupakan pengembangan permainan rakyat yang terdiri dari lima permainan yaitu: Papancakan, Balap Jajar, Catur Teuku Umar, Panca Gasing dan Bola Lima. Pancamain Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari Bapak Presiden Joko Widodo pada acara peluncuran Pancamain Indonesia yang bertepatan dengan Hari Anak Sedunia Tahun 2020 yang lalu.

Selain itu, BPIP juga mendirikan booth yang berisi pameran Pancamain Indonesia yang bisa dilihat dan dimainkan langsung oleh masyarakat. Beberapa permainan rakyat yang digelar antara lain Papancakan, Balap Jajar, Catur Teuku Umar, Panca Gasing dan Bola Lima. Ada juga permainan baru yang dikembangkan oleh BPIP yakni “Permainan Etus Elsi Jelajah Indonesia”, yaitu dalam bentuk permainan ular tangga yang dikemas menarik dan terdapat pertanyaan-pertanyaan tentang wawasan ke Indonesiaan dan Pancasila yang harus dijawab oleh pemain.

Baca juga : Kao Indonesia Kembali Adakan Kegiatan Edukasi Anak Kreatif Aktif Optimis

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP menuturkan bahwa Pancasila ini harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak melalui cara yang mudah dan menyenangkan. Maka dari itu, kami mengembangkan permainan rakyat dengan nama Pancamain Indonesia.

Dalam menggelar Festival Permainan Rakyat Pancamain Indonesia pada Peringatan Hari Anak Nasional 2023, BPIP telah menggandeng Komite Permainan rakyat dan Tradisional Indonesia (KPOTI). Dengan terselenggaranya festival ini, kami berharap anak-anak Indonesia dapat bermain dan belajar toleransi, berkompetisi dengan bijak serta dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila yang ada dalam permainan rakyat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Mukhammad Fahrurozi selaku Direktur Pengendalian BPIP, Yelvi Azwita selaku koordinator kegiatan Festival Pancamain Indonesia, Ketua KPOTI Pusat Dr. Zaini Alif dan jajaran pengurus KPOTI Pusat dan Daerah Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.