Dark/Light Mode

Meriahkan HUT RI ke-78, Relawan Balad Erick Thohir Gelar Lomba Tradisional

Senin, 21 Agustus 2023 18:54 WIB
Relawan Balad Erick Thohir menggelar lomba tradisional di Perayaan HUT RI ke-78, Minggu (20/8). (Foto: Istimewa)
Relawan Balad Erick Thohir menggelar lomba tradisional di Perayaan HUT RI ke-78, Minggu (20/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Balad Erick Thohir menggelar berbagai kegiatan di 20 kabupaten dan kota di Jawa Barat dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Perwakilan Koordinator Nasional (Kornas) Balad Erick Thohir, Deni Irawan mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk dukungan masyarakat akar rumput terhadap Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Masyarakat akar rumput yang rata-rata relawan Balad Erick Thohir di Jawa Barat ini sangat antusias menggelar acara peringatan HUT RI ke-78, sekaligus bentuk dukungan terhadap Pak Erick Thohir,” ujar Deni dalam keterangannya, Minggu (20/8).

Menurut Deni, kegiatan yang digelar di basis-basis Balad Erick Thohir ini juga merupakan bentuk lain dari upaya pelestarian tradisi dan permainan tradisional.

Baca juga : Meriahkan HUT Ke-78 RI, JIP Gelar Fun Fishing Bersama 12 Forum Wartawan

Deni menambahkan, anak muda harus tahu tradisi dan permainan tempo dulu. Di era digital ada banyak ekspresi baru buah dari artikulasi anak muda yang bosan terhadap budaya pop.

"HUT RI ini harus jadi momentum untuk mengenalkan keunikan dan keseruan warisan leluhur," ujar Deni.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Balad Erick Thohir tersebut adalah Pawai Dongdang yang digelar di Kampung Garisul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal ini sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga mengarak beberapa alat pikul padi yang terbuat dari potongan batang bambu setinggi orang dewasa.

Baca juga : Pratama Arhan Nikah Dengan Putri Andre Rosiade, Erick Thohir Kasih Wejangan

Tidak hanya itu, Pawai Dongdang juga dimeriahkan oleh arak-arakan hasil bumi dan makanan yang dihias dalam beraneka bentuk dengan diiringi suara kendang, angklung, serta pukulan lesung.

Kegiatan lain ialah berbagai lomba tradisional, seperti ngagubyag, tepak kendi, dan panjat pinang di Desa Karangmulya Pangandaran, Jawa Barat.

Kemudian di Desa Sidarahayu, Ciamis, Jawa Barat, digelar kegiatan lomba memasukan pensil, ngagubyag, serta pemberian sembako untuk anak yatim dan warga lanjut usia.

Adapun 20 kabupaten dan kota di Jawa Barat itu meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Perlombaan Pacu Perahu Tradisional Di Jambi

Lalu Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cimahi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.