Dark/Light Mode

Tuan Guru Ganjar Latih Warga Tapanuli Selatan Cara Tilawah Al-Quran

Jumat, 25 Agustus 2023 08:14 WIB
Sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar mengatakan cara membaca atau tilawah Al-Quran Kepada Masyarakat di perkampungan terpencil di Kabupaten Tapanuli Selatan. (Foto: Ist)
Sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar mengatakan cara membaca atau tilawah Al-Quran Kepada Masyarakat di perkampungan terpencil di Kabupaten Tapanuli Selatan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar menyusuri wilayah perkampungan terpencil di Kabupaten Tapanuli Selatan untuk mengajarkan cara membaca atau tilawah Al-Quran.

Koordinator Daerah (Korda) Tuan Guru Sahabat Ganjar, Al Azhar Fadhli mengatakan sasaran mereka kali ini adalah ibu-ibu di Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"Kegiatan hari ini yaitu zikir dan (pelatihan) tilawah Al Quran. Tujuannya yaitu memperkenalkan bahwasanya Al-Quran itu adalah kitab untuk agama Islam dan ini adalah kitab yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW," katanya, Kamis (24/8).

Seperti pada kegiatan-kegiatan sebelumnya, kegiatan yang digagas kelompok sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar kali ini kembali mendapat sambutan positif dari warga lantaran dapat menambah ilmu.

Selain itu, warga juga dapat mengenal sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029 melalui sosialisasi yang dilakukan para sukarelawan pada kegiatan itu.

Baca juga : Cegukan 430 Juta Kali Selama 68 Tahun

"Tujuan lainnya yaitu untuk menyosialisasikan bahwasanya Pak Ganjar ini adalah salah satu tokoh di Indonesia sebagai calon (presiden) di Pilpres 2024," kata Azhar menambahkan.

Tingkat dukungan warga Kabupaten Tapanuli Selatan terhadap Ganjar diyakini semakin meningkat setelah para sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar turun ke tengah-tengah mereka selama ini.

"Dukungan untuk Pak Ganjar dari (warga) wilayah sini alhamdulilah mulai meningkat dengan adanya kegiatan-kegiatan kepada masyarakat yang telah ditetapkan," ujar Azhar optimistis.

Lebih lanjut, Azhar mengatakan kegiatan serupa sudah rutin dilakukan oleh para sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar di di wilayah-wilayah terpencil seperti pada kegiatan kali ini.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan tersebut selalu mendapatkan respons positif dari warga karena dinilai memiliki banyak manfaat, khususnya dalam meningkatkan keilmuan agama.

Baca juga : Kajol Dukung Ganjar Lakukan Aksi Pengecatan Separator Jalan Di Jaktim 

Dalam kegiatan itu, pemateri menyampaikan seputar kesucian Al Quran, proses turunnya melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW hingga cara membaca Al Quran secara baik dan benar.

"Alhamdulillah, kegiatan hari ini berdampak positif. Menambah wawasan kami tentang bagaimana cara membaca dan mengaji Al Quran dengan baik dan benar," kata salah seorang warga, Widia Maulina.

Selain cara membaca Al Quran, para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang zikir seperti jenis-jenisnya dan waktu-waktu yang diutamakan untuk mengucapkannya.

"Tadi mempelajari bagaimana cara berzikir, cara bertilawah atau mengaji dengan benar serta bagaimana waktu-waktu berzikir tersebut," ujar Widia menjelaskan.

Ibu-ibu anggota majelis taklim yang mengikuti kegiatan itu semakin senang setelah mendapatkan bantuan tikar dan mesin kipas angin untuk menunjang kegiatan-kegiatan mereka.

Baca juga : Tuan Guru Ganjar Ajarkan Warga Tapanuli Selatan Cara Bersuci dari Hadas

Mewakili warga, Widia mengucapkan terima kasih kepada para sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar sekaligus mendoakan agar Ganjar Pranowo dapat terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

"Harapan untuk Bapak Ganjar, semoga apa yang diharapkan dan dicita-citakan Bapak Ganjar, tercapai. Menjadi Presiden tahun 2024 dan dapat mengayomi masyarakat agar masyarakat Indonesia ini menjadi damai," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.