Dark/Light Mode

Mak Ganjar Latih Ibu-Ibu Di Desa Amang Membuat Es Timun Marjan

Minggu, 27 Agustus 2023 14:34 WIB
Sukarelawan Mak Ganjar mengadakan pelatihan membuat es timun marjan kepada ibu-ibu yang berada di Desa Amang, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Minggu (28/8). Foto: Ist)
Sukarelawan Mak Ganjar mengadakan pelatihan membuat es timun marjan kepada ibu-ibu yang berada di Desa Amang, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Minggu (28/8). Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai cara kreatif terus dilakukan sukarelawan Mak Ganjar untuk mengenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat luas. 

Kali ini, sukarelawan Mak Ganjar mengadakan pelatihan membuat es timun marjan kepada ibu-ibu yang berada di Desa Amang, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. 

Koordinator Mak Ganjar Kalbar, Siti Sayamah mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengasah kemampuan para ibu-ibu di Desa Amang agar bisa produktif dalam membuat minuman ringan. 

"Kami mengadakan pelatihan ini bertujuan agar ibu-ibu di sini bisa lebih kreatif dalam membuat hidangan. Karena minuman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika ditekuni," kata dia dalam siaran persnya, Minggu (27/8). 

Baca juga : Srikandi Ganjar Adakan Latihan Futsal Bareng Komunitas Kutai Timur 

Dia menambahkan kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Banyak para peserta khususnya ibu-ibu mengikuti pelatihan tersebut. 

Dalam kegiatan tersebut, perempuan pendukung Ganjar Pranowo itu memberikan pemaparan tentang cara membuat minuman Es Timun Marjan. 

Dia menjelaskan terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat es timun marjan yakni timun, marjan, gula, air putih, dan es batu. Sementara itu, alat-alatnya disiapkan adalah parutan, keju dan pisau. 

"Cara membuatnya adalah pertama timunnya dikupas setelah itu diparut. Setelah diparut dimasukan ke dalam termus es dan dikasih sirup dan gula sampai dirasa manis. Setelah itu selesai dan bisa dinikmati," jelas Siti Sayamah. 

Baca juga : Tuan Guru Ganjar Latih Warga Tapanuli Selatan Cara Tilawah Al-Quran

Dia berharap kegiatan tersebut menjadi awal untuk ibu-ibu untuk lebih aktif dan kreatif untuk membangun jiwa pengusaha meskipun dalam bentuk kecil. 

Sehingga nantinya bisa menjadi suatu kesibukan yang bisa menghasilkan sumber ekonomi. "Semoga dengan membuka usaha ibu-ibu di sini bisa membantu ekonomi keluarga," tuturnya. 

Di sela kegiatan tersebut, Siti Sayamah juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024. 

Nurwanti salah satu peserta pelatihan tersebit mengungkapkan terima kasih kepada Mak Ganjar yang sudah mengadakan kegiatan tersebut. 

Baca juga : Mak Ganjar Riau Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional Di Pekanbaru

Dia mengatakan warga sekitar sangat antusias mengikuti pelatihan membiuat es timu marjan ini. 

"Ibu-ibu cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berterimakasih pada Mak Ganjar atas kehadirannya di Desa Amang," kata Nurwanti. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.