Dark/Light Mode

Masyarakat Perlu Diedukasi

Pembakaran Sampah Ilegal Bikin Buruk Kualitas Udara

Jumat, 25 Agustus 2023 07:25 WIB
Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan. (Foto: DPR RI)
Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan. (Foto: DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menyoroti aktivitas pembakaran sampah yang menjadi salah satu penyebab polusi udara. Hal ini menyusul memburuknya kualitas udara belakangan ini, khususnya di Jabodetabek dan sekitarnya.

Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan mengatakan, masalah polusi udara sudah darurat dan ha­rus cepat diatasi karena berdampak pada kesehatan masyarakat.

“Termasuk menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pembakaran sampah ilegal yang menjadi salah satu penyumbang polusi udara,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Masyarakat Palue Apresiasi Kepedulian Kapolri Gelar Bakti Kesehatan

Diketahui, memburuknya kualitas udara tak hanya disebab­kan karena kemarau panjang dan gas buang dari kendaraan bermo­tor. Pembakaran sampah ilegal yang dilakukan masyarakat juga turut berkontribusi terhadap pe­nyebab buruknya kualitas udara.

Pasalnya, kandungan kadar karbon (CO2) dari pembakaran sampah terbuka amat berbahaya dan berkontribusi besar dalam penurunan kualitas udara.

Untuk itu, Pemerintah melaku­kan edukasi secara masif meng­ingat masih banyak warga yang kerap melakukan pembakaran sampah terbuka atau ilegal.

Baca juga : Peluang Caleg Bermasalah Terpilih Semakin Terbuka

“Masing-masing Pemda harus bisa memberikan edukasi menge­nai dampak dari membakar sam­pah secara sembarangan,” tuturnya.

Daniel pun mendukung ke­bijakan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang berencana me­nerapkan sanksi bagi para pelaku pembakaran sampah ilegal di wilayahnya. Meski begitu, Peme­rintah harus melakukan sosialisasi sebelum menerapkan sanksi atas pembakaran sampah yang dilaku­kan oleh warga.

“Langkah ini untuk memberi­kan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dan meng­hindari penerapan sanksi yang terlalu tiba-tiba,” ungkap Daniel.

Baca juga : Mak Ganjar Riau Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional Di Pekanbaru

Menurutnya, pemahaman yang jelas soal sanksi pemba­karan sampah ilegal dapat meng­hindari konflik sosial. Selain itu, semakin banyak masyarakat memberi dukungan bagi Pemerintah yang tengah berupaya mengatasi polusi udara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.