Dark/Light Mode

Di Komisi X DPR

Kemendikbudristek Laporkan Capaian Baik Pelaksanaan Kinerja dan Anggaran

Kamis, 31 Agustus 2023 16:45 WIB
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (tengah) bersama Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti (kiri) pada Rapat Kerja Komisi DPR di Jakarta, Rabu (30/8/2023). (Dok. Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (tengah) bersama Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti (kiri) pada Rapat Kerja Komisi DPR di Jakarta, Rabu (30/8/2023). (Dok. Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil tetap menjaga komitmen untuk pelaksanaan anggaran yang bertanggung jawab dan berkualitas.

Hal ini ditunjukkan dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) tahun 2022 pada kategori sangat baik dengan nilai 95,38 persen.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti pada Rapat Kerja Komisi DPR di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

“Perkembangan capaian nilai kinerja anggaran Kemendikbudristek tahun anggaran 2018 hingga 2022 terus meningkat, sebagaimana telah ditetapkan dalam keputusan Menteri Keuangan,” tutur Suharti di Ruang Sidang Komisi X DPR, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (31/8/2023).

Merujuk data NKA Kemendikbudristek, torehan NKA di tahun 2018 sebesar 92,19 poin dengan kategori sangat baik.

Berikutnya, secara berturut-turut selama empat tahun terakhir nilainya terus meningkat yakni 94,73; 94,90; 94,95; dan 95,38.

Baca juga : Kemenperin Wajibkan Industri Laporkan Pengendalian Emisi Seminggu Sekali

Menyangkut akses layanan pendidikan, rata-rata mengalami peningkatan yang mencakup rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, tingkat penyelesaian pendidikan SD/sederajat dan SMP/sederajat, serta APK SMA/sederajat dan peningkatan partisipasi pendidikan pada kelompok pendapatan terendah, khususnya untuk SMA/sederajat dan perguruan tinggi.

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Pemangku Kepentingan Kemendikbudristek pada tahun 2022 indeks kepuasan pemangku kepentingan Kemendikbudristek membaik.

“Secara keseluruhan indeks kepuasan pemangku kepentingan Kemendikbudristek tahun 2022 meningkat 1,3 poin yakni sebesar 85,9. Sebelumnya, di tahun 2021 sebesar 84,6,” jelas Suharti.

Layanan yang disurvei terdiri atas bidang pendidikan, bidang kebudayaan, dan Layanan pada Unit Layanan Terpadu (ULT).

Berikut beberapa capaian prioritas yaitu terkait digitalisasi pendidikan, sekolah dan guru penggerak, penerapan kurikulum merdeka, program literasi, akreditasi dan asesmen, kebahasaan, dan pemajuan kebudayaan.

Terkait digitalisasi pendidikan, 71.991 sekolah formal telah menerima bantuan TIK tahun 2020-2022.

Baca juga : Anggota Komisi VII DPR Lamhot Sinaga Bantah Ditangkap Kejagung

Sebanyak 1.253.074 perangkat TIK telah diberikan untuk mendukung program digitalisasi sekolah. Kemendikbudristek juga telah meluncurkan platform digital yaitu Platform Merdeka Mengajar, Platform Kampus Merdeka, Platform Sumber Daya Sekolah, Platform Rapor Pendidikan dan Manajemen Data serta Infrastruktur.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) telah diakses oleh 2.086.622 pengguna.

Sebanyak 150.731 sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka telah mengakses PMM.

Sebanyak 1.351.779 PTK yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka telah mengakses PMM.

Tercatat, 607 ribu lebih PTK telah mengunduh perangkat ajar pada PMM.

Sementara itu, sebanyak 216.793 atau 99,4 persen satuan pendidikan aktif menggunakan Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Baca juga : Presiden Berikan Empat Arahan Terkait Penanganan Kualitas Udara

Dan seluruh dinas pendidikan telah aktif menggunakan Manajemen Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (MARKAS).

Sebesar Rp 54,7 triliun potensi anggaran BOS TA 2022 tercatat pada ARKAS secara transparan.

Untuk ekosistem Aplikasi Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah), terdapat 18 mitra pasar daring dan 230.515 satuan pendidikan yang terlibat dengan catatan transaksi sebesar Rp 11,2 triliun yang telah dibelanjakan melalui ekosistem SIPLah.

Sebanyak 178.105 penyedia barang/jasa telah terhubung dengan 18 mitra e-commerce SIPLah dengan pilihan 11 juta produk yang tersedia pada SIPLah, baik produk umum maupun UMKM.

Aplikasi TanyaBOS memiliki 16.456 pengunjung aktif yang telah berpartisipasi pada forum tersebut dengan 5.315 topik yang dilayangkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.