Dark/Light Mode

Dorong Penciptaan 4,4 Juta Lapangan Kerja Di 2024

Relawan Sandiuno Kendal Gelar Pelatihan Sabun Cuci Piring Dan Literasi Keuangan

Kamis, 7 September 2023 13:14 WIB
Gerbong Pecinta Sandiuno Kabupaten Kendal telah merespons panggilan untuk membantu menciptakan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta di tahun 2024 dengan menggelar kegiatan kewirausahaan yang inovatif yaitu Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami dan Literasi Keuangan. (Foto: Ist)
Gerbong Pecinta Sandiuno Kabupaten Kendal telah merespons panggilan untuk membantu menciptakan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta di tahun 2024 dengan menggelar kegiatan kewirausahaan yang inovatif yaitu Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami dan Literasi Keuangan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerbong Pecinta Sandiuno Kabupaten Kendal telah merespons panggilan untuk membantu menciptakan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta di tahun 2024 dengan menggelar kegiatan kewirausahaan yang inovatif yaitu 'Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami' dan 'Literasi Keuangan'.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan peluang pekerjaan baru tetapi juga meningkatkan pengetahuan baru mengenai pembuatan sabun dan keuangan, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu (6/9.

Di kegiatan ini, para peserta dari berbagai UMKM dan sektor ekonomi kreatif antusias mengikuti pelatihan pembuatan sabun cuci piring dengan bahan alami. Namun, yang membuat acara ini lebih istimewa adalah pendampingan literasi keuangan yang turut diselenggarakan.

Baca juga : Relawan Sandi Uno Gelar Pelatihan Produksi Tahu Madu Sehat Di Jateng

"Pelatihan ini adalah jawaban atas keinginan masyarakat sendiri, terutama yang ada di Kabupaten Kendal, untuk memberikan peluang lapangan pekerjaan yang lebih baik," ujar Vienkan Bahreyis, Koordinator Gerbong Pecinta SandiUno Jawa Tengah. 

"Kami ingin memberikan pelatihan yang benar-benar dapat berdampak langsung pada lapangan pekerjaan, sesuai dengan target Pak Sandiaga Uno yang ingin menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," lanjut Vienkan. 

Sementara itu, untuk tujuan dari Pelatihan Literasi Keuangan adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat "naik kelas" menjadi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ini mencakup pemahaman tentang laporan keuangan dan sistem investasi yang diperlukan dalam mengembangkan suatu bisnis.

"Di kegiatan ini kami juga ada pendampingan literasi keuangan, karena yang kita tahu saat ini pengetahuan mengenai keuangan itu sangat dibutuhkan oleh para UMKM," kata Vienkan.

Baca juga : Relawan SandiUno Gelar Pelatihan Dan Pendampingan Go Digital Dan Halal

"Kita ingin UMKM naik kelas, nantinya mereka ini bukan hanya UMKM tapi jadi UKM. Salah satu bekal untuk mereka naik kelas adalah mereka memahami bagaimana laporan keuangan dan sistem investasi mereka," lanjut Vienkan. 

Kegiatan ini bukanlah yang pertama kalinya. Gerbong Pecinta Sandiuno telah mengadakan serangkaian pelatihan serupa di berbagai daerah. Hasilnya sangat positif, para peserta pelatihan aktif terlibat dalam berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk memulai usaha mereka sendiri.

Sementara itu, Dewi Suryani, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno atas program-program yang diselenggarakannya. 

"Saya berterima kasih pada Pak Sandiaga, saya ingin bertemu sekali karena saya punya industri kreatif menulis. Semoga beliau diberi kesehatan dan terima kasih sekali sudah memberikan wadah kepada kami, semoga dilain waktu bisa diadakan lagi," ungkap Dewi. 

Baca juga : Dorong Masyarakat Melek Produk Keuangan Ilegal, HIPMI Gelar Acara Literasi Keuangan

Diharapkan bahwa kegiatan ini akan membantu masyarakat meningkatkan penghasilan dan juga berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.