Dark/Light Mode

Denny JA: Generasi Milenial Segera Menjadi Mayoritas Di Indonesia

Selasa, 12 September 2023 21:30 WIB
Denny JA. (Foto: Ist)
Denny JA. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi milenial atau mereka yang lahir setelah tahun 1981 akan segera menjadi populasi mayoritas di Indonesia.

Tahun 1981 menjadi awal mula mendominasinya dunia internet dan meluasnya media sosial. Jadi, bisa dikatakan, generasi milenial adalah anak kandung dunia media sosial.

LSI Denny JA melakukan survei data di tiga titik waktu yang berbeda pada 2013, 2018 dan 2023. Ketiganya survei dilakukan di bulan Agustus. Dari survei tersebut diketahui, pada 2013, jumlah generasi milenial masih berada di angka 27,6 persen, atau masih minoritas. 

Baca juga : Duta Arsip Nasional Ajukan Manuskrip Syek Yusuf Jadi Memori Dunia

Pada 2018, jumlah generasi milenial naik menjadi 39,1 persen. Kini, generasi milenial pada 2023 jumlahnya sudah mencapai 47,3 persen. 

"Satu atau dua tahun lagi mereka segera menjadi mayoritas," ungkap pendiri LSI, Denny JA, dalam video yang diunggah di akun media sosial resminya, DennyJA_World, Selasa (12/9).

Menurut Denny, ketika mereka sudah menjadi mayoritas, maka kultur generasi milenial tak bisa lagi diabaikan. Bahkan, perilaku, pandangan hidup, dan filosofi mereka yang akan mendominasi.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Senin 11 September Hadir Di Mitra 10 Harapan Indah

Denny menyebut ada tiga hal yang menjadi ciri khas generasi milenial. Pertama, mereka sangat akrab dengan teknologi. Ketika dilahirkan dan dibesarkan, dunia media sosial sudah ada. Sehingga, mereka tenggelam dalam dunia internet dan media sosial.

"Akibatnya, karena memiliki akun media sosial, karena terbiasa mengirim pesan lewat akunnya, mereka  terbiasa menjadi warga negara yang aktif. Mereka aktif menyatakan dirinya. aktif menyatakan gagasannya, mimpinya, dan juga aktif menyatakan protesnya," terangnya.

Kedua, generasi milenial juga kuat spirit entrepreneurshipnya. Pada generasi sebelumnya, buku-buku agama menjadi yang laris manis. Sebaliknya, pada generasi milenial,  buku-buku yang laris manis adalah mengenai enterpreneurship, seperti cara mencapai financial Freedom atau cara menjadi kaya raya.

Baca juga : Gelar Funwalk & Senam Jelang Milad ke-11, HNI Bertekad Jadi Kebanggaan Indonesia

Ketiga, ekspos generasi milenial pada keberagaman sangat tinggi. Ketika mereka membuka mata, mereka melihat begitu banyak hadir negara, budaya, dan agama. Melalui Google, mereka mengetahui banyak sekali konsep soal Tuhan, politik, dan gaya hidup. 

"Kondisi ini membuat mereka lebih terbuka kepada keberagaman. Inilah kultur yang dibawa oleh generasi milenial. Jika mereka menjadi mayoritas di Indonesia, budaya Indonesia juga akan berubah, dan mereka segera menjadi mayoritas," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.