Dark/Light Mode

Pelatihan Jurkam Generasi Milenial

Basarah Ajak Anak Muda Pendukung Ganjar Tebar Kasih Sayang

Sabtu, 9 September 2023 20:57 WIB
Ketua TKR Ganjar Pranowo, Dr. Ahmad Basarah memberikan pelatihan jurkam kepada generasi muda di Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo, Jakarta, Sabtu (9/9). Foto: PDI Perjuangan
Ketua TKR Ganjar Pranowo, Dr. Ahmad Basarah memberikan pelatihan jurkam kepada generasi muda di Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo, Jakarta, Sabtu (9/9). Foto: PDI Perjuangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Tim Koordinator Relawan Ganjar Pranowo, Ahmad Basarah mengajak semua generasi muda menjadikan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sebagai ajang pesta kebangsaan yang membahagiakan dan menyenangkan.

Kata Basarah, pada Pemilu 2024 kali ini, jumlah pemilih muda sangat dominan. Dia pun mengimbau, generasi muda tidak boleh lagi menjadi generasi hore-hore yang hanya bersorak-sorai saat Pemilu.

"Tetapi harus menjadi faktor penentu pembangunan bangsa ke depan," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan ini dalam keterangannya kepada RM.id, Sabtu (9/9).

Dipaparkan, jumlah sementara pemilih generasi milenial yang kini terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencapai 68,8 juta jiwa. Sedangkan pemilih generasi X berjumlah 57 juta jiwa dan generasi Z mencapai 46,8 juta jiwa. Jika ditotal, jumlahnya mencapai 172,6 juta jiwa. Atau mencapai 56 persen dari total pemilih dalam Pemilu 2024.

Menurut Wakil Ketua MPR ini, generasi muda harus melawan kampanye berbasis identitas yang mengadu domba dan memecah belah bangsa. "Generasi muda, harus melawan narasi kampanye pecah dengan kampanye simpatik," pintanya.

Baca juga : Ganjar Milenial Bekali Anak Muda Tips Dan Trik Sukses Daftar CPNS

Untuk itu, Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo yang dipimpinnya telah melakukan Grand Launching Pelatihan Juru Kampanye Gen-Z Menuju Pemilu 2024 di Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo, Jakarta, Kamis (9/9).

Lewat pelatihan ini, Basarah mengingatkan, jika generasi ini tidak ditanamkan rasa cinta bangsa, cinta persaudaraan, toleransi, dan kebhinnekaan, maka mereka akan berpotensi terjebak dalam politik identitas dan arus permusuhan yang dimainkan pihak-pihak tertentu.

Sekretaris Dewan Penasihat PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) ini berkali-kali mengingatkan, pemilihan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pencoblosan bukan tanpa pesan politik kebangsaan yang kuat.

"Itu adalah hari valentine, hari kasih sayang. Kita ingin Pemilu kali ini penuh kasih sayang, penuh kebahagiaan. Pendukung Mas Ganjar Pranowo harus menebar kasih sayang," pesannya.

Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya, Jawa Timur ini mengungkapkan, Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo yang dipimpinnya telah membuat peta karakteristik generasi muda.

Baca juga : Kajol Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Digital Marketing

Generasi muda ini rata-rata menggandrungi dunia maya, terikat erat dengan dunia digital, multitasking, punya ambisi besar dalam berkarya, butuh pengakuan eksistensial, dan menyukai kampanye kekinian.

"Generasi emas ini kami arahkan ke jalur yang positif yang sesuai dengan karakter mereka," imbuhnya.

Dia yakin ajakannya tidak akan bersambut sebelah tangan. Acara Pelatihan Juru Kampanye Gen-Z Menuju Pemilu 2024 yang digelar pihaknya justru diinisiasi oleh anak muda. Salah satunya kelompok Muda-Muda untuk Indonesia Hebat (MM UI).

Sementara itu, Ketua Umum MM UI Nurul Intan kini tengah menggalang generasinya untuk aktif dalam politik secara sehat dan menyenangkan.

Dikatakan, di antara ketiga Capres yang ada, Ganjar dinilai tokoh yang paling dekat dengan generasi milenial.

Baca juga : Wakili Generasi Muda Jateng, Garda Pendowo Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

"Beliau mau datang menyapa kami, berjoget bersama kami, mau mendengarkan keluh kesah kami tanpa basa-basi. Kami yakin kepentingan kami akan diakomodasi Pak Ganjar jika beliau terpilih jadi Presiden nanti," yakinnya.

Ketua MPR RI 2013-2014 Sidarto Danusubroto mengajak generasi muda kritis dalam memilih pemimpin nasional.

"Pegang erat-erat pesan saya, pilih calon yang benar. Minimal calon itu memahami dan menghayati ideologi Pancasila yang gagasannya dilahirkan oleh Bung Karno," pesannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.