Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Relawan Espas Sandi Gelar Pelatihan Olahan Ayam Di Pangandaran

Kamis, 14 September 2023 18:56 WIB
Emak-emak Smart Pejuang Andalan Sejati Espas Sahabat Sandiaga Uno menginisiasi berbagai terobosan dalam memajukan sektor UMKM. Hal tersebut ditunjukkan melalui pelatihan olahan ayam untuk menciptakan lapangan kerja baru sebanyak-sebanyaknya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. (Foto: Ist)
Emak-emak Smart Pejuang Andalan Sejati Espas Sahabat Sandiaga Uno menginisiasi berbagai terobosan dalam memajukan sektor UMKM. Hal tersebut ditunjukkan melalui pelatihan olahan ayam untuk menciptakan lapangan kerja baru sebanyak-sebanyaknya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Emak-emak Smart Pejuang Andalan Sejati (Espas) Sahabat Sandiaga Uno menginisiasi berbagai terobosan dalam memajukan sektor UMKM. Hal tersebut ditunjukkan melalui pelatihan olahan ayam untuk menciptakan lapangan kerja baru sebanyak-sebanyaknya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ketua Espas Sahabat Sandiaga Uno Kabupaten Pangandaran, Neneng Ma'ri mengatakan pelatihan seperti ini sangat diinginkan bagi para ibu rumah tangga dalam menambah penghasilan ekonomi keluarga. Sehingga tujuan Sandiaga Uno memperdayakan pelaku UMKM sampai kepada masyarakat Pangandaran yang membutuhkan peluang usaha baru.

"Espas Sahabat Sandiaga Uno mengadakan pelatihan kewirausahaan yaitu fried chicken di Kabupaten Pangandaran. Kegiatan ini bertujuan memperdayakan emak-emak walaupun sebagai ibu rumah tangga tetap bisa mencari rezeki untuk membantu ekonomi keluarga," kata Neneng di Desa Hegarmanah, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Kamis (14/9/2023).

Baca juga : Tingkatkan Standar Keamanan, AP1-ACI Gelar APEX in Security Di Bandara YIA

"Kami memilih program ini karena makanan friend chiken tidak hanya disukai anak-anak tapi sampai kalangan orang tua juga suka. Makanya Espas Sahabat Sandiaga Uno Kabupaten Pangandaran mengambil pelatihan tersebut," tambahnya.

Dengan visi dan pola pikir yang positif kedepannya Indonesia akan berkurang angka pengangguran, serta membantu mendapatkan penghasilan untuk mensejahterakan rakyat dengan kegiatan yang membuka lapangan pekerjaan.

Sandiaga Uno mendorong emak-emak di seluruh daerah untuk bangkit, sehingga nanti diharapkan akan bermunculan para pelaku ekonomi kreatif yang handal serta berjiwa saing tinggi di era persaingan global. Dengan begitu, pendampingan pelatihan dari Espas Sahabat Sandiaga Uno dapat mempercepat 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

Baca juga : Kajol Dukung Ganjar Gelar Pelatihan UMKM Driver Ojol Lady Di Bandar Lampung

"Pak Sandi itu sangat luar biasa, bisa menjadi sosok Bapak Bangsa dan keinginannya untuk membuka lapangan kerja 4,4 juta di 2024. Mudah-mudahan dengan adanya program seperti ini dapat mempercepat target dari Pak Sandi. Berharap Pangandaran menjadikan Kabupaten yang berdaya, walaupun sebagai ibu rumah tangga tapi tetap membantu ekonomi keluarga. Saya yakin dalam tahun berikutnya tidak menutup kemungkinan akan tercapai target Pak Sandi," ucapnya.

Sementara itu, perwakilan peserta pelatihan Wati Heriawati, (33), menyuarakan aspirasinya terhadap program pelatihan Espas Sahabat Sandiaga Uno. Ia menuturkan setelah pelatihan akan berencana membuka usaha fried chicken rumahan dalam membuka lapangan kerja bagi masyarakat Pangandaran.

"Alhamdulillah kita dapat ilmu dan wawasan yang tadinya ibu-ibu cuma di rumah, sekarang mendapatkan pelatihan kita bisa mempraktekkan fried chicken untuk mendapatkan cuan. Setelah mengikuti pelatihan ini, saya ingin membuka usaha fried chicken rumahan dan kalau sudah berkembang akan merekrut beberapa karyawan," tutur Wati 

Baca juga : Relawan Sandiuno Kendal Gelar Pelatihan Sabun Cuci Piring Dan Literasi Keuangan

Wita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sandiaga Uno dalam memberikan pelatihan-pelatihan agar para ibu rumah tangga semakin tumbuh dan berkembang.

"Terima kasih Pak Sandi telah memberikan saya fasilitas, dengan kegiatan ini ibu-ibu kedepannya bisa menjadi produktif tidak hanya rebahan di rumah. Kami harapkan Pak Sandiaga memberikan modal UMKM, karena kalau usaha terkendala oleh modal," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.