Dark/Light Mode

SMRC: Duet GP-RK Unggul Atas Prabowo-ET Dan Anies-Cak Imin

Kamis, 14 September 2023 22:01 WIB
Bacapres Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)
Bacapres Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru simulasi tiga pasangan Capres dan Cawapres, yang menunjukkan duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil unggul dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar(Cak Imin) dan Prabowo Subianto-Erick Thohir.

“Survei menemukan bahwa Ganjar-Ridwan Kamil mendapatkan 35,4 persen. Kemudian Anies-Muhaimin 16,5 persen dan Prabowo-Erick 31,7 persen,” tutur Pendiri SMRC, Prof Saiful Mujani, Kamis (14/9).

Saiful menyebut, pasangan Anies-Muhaimin belum memiliki efek yang menaikkan dukungan walaupun telah lebih dulu mengumumkan sosok Cawapres beberapa waktu lalu.

Baca juga : Mau Duet Sama Gibran Atau Erick, Prabowo Tak Terkalahkan

“Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin,” ujarnya.

Saiful pun menyebut persentase tersebut masih bisa berubah, walaupun Anies-Muhaimin kemungkinan akan relatif sulit naik.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah. Tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” jelasnya.

Baca juga : SMRC: Apabila Pengenalan Berimbang, Ganjar Ungguli Prabowo Di Head To Head

Adapun survei SMRC dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023 dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Kemudian pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). 

Survei itu dilakukan dengan teknik RDD sampel sebanyak 1212 responden dan margin of error survei ±2.9 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.