Dark/Light Mode

Mau Duet Sama Gibran Atau Erick, Prabowo Tak Terkalahkan

Senin, 28 Agustus 2023 16:46 WIB
Peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto saat merilis hasil survei, Senin (28/8). Foto: Istimewa
Peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto saat merilis hasil survei, Senin (28/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei terbaru ihwal elektabilitas Capres-Cawapres menjelang Pemilu 2024.

Temuan menarik kali ini adalah, jika Capres Prabowo Subianto berduet dengan Gibran Rakabuming Raka atau Erick Thohir, maka tidak terkalahkan oleh pasangan manapun.

"Prabowo bahkan masih berpotensi menang sekalipun berpasangan dengan Airlangga Hartarto atau Muhaimin Iskandar meski elektabilitas kedua tokoh ini rendah," kata Peneliti Senior LSJ, Fetra Ardianto, saat merilis hasil survei, Senin (28/8).

Survei membuktikan, jika Prabowo berpasangan dengan Gibran, sebanyak 44,2 persen responden memilih pasangan tersebut. Hal ini, jauh unggul dari pasangan Ganjar Pranowo bersama Sandiaga Uno sebesar 34,5 persen.

Baca juga : Jika 3 Paslon, Yusril Yakin Prabowo Masuk Putaran 2

Sementara, pasangan Anies Baswedan bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meraih 18,6 persen. Sisanya, sebanyak 2,7 persen belum menentukan pilihan.

Pun, ketika LSJ membuat simulasi Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir melawan pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno dan Anies-AHY.

Hasilnya, Prabowo-Erick meraih 42,5 persen. Kemudian, Ganjar Sandiaga (36,2 persen), dan Anies-AHY (19,1 persen).

"Pasangan Prabowo-Gibran dan Prabowo-Erick juga leading cukup signifikan atas kombinasi pasangan manapun. Misalnya ketika disimulasikan Ganjar berduet dengan Ridwan Kamil, kemudian Anies dengan Sandiaga, pasangan Prabowo-Gibran dan Prabowo-Erick tetap tak terkalahkan," katanya.

Baca juga : Kini, Prabowo Disanjung Amerika

Fetra menganalisa, elektabilitas Prabowo menuju kontestasi Pilpres 2024 semakin tidak terkejar rival-rivalnya. Keunggulan Prabowo atas Ganjar maupun Anies ini dipengaruhi oleh arus migrasi relawan Jokowi kepada dirinya dan basis massa PDI Perjuangan (PDIP).

Keunggulan Prabowo Subianto atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan nampak semakin signifikan ketika LSJ membuat simulasi secara head to head, atau simulasi Pilpres putaran kedua.

Jika Pilpres hanya diikuti Prabowo dan Ganjar maka sebanyak 53,8 persen mengaku memilih Prabowo dan 39,7 persen menyatakan dukungannya pada Ganjar.

"Dengan selisih elektabilitas yang cukup lebar, sekitar 14 persen, bukan pekerjaan mudah bagi Ganjar untuk mengejar elektabilitas Prabowo di saat Pilpres tinggal enam bulan lagi," ungkapnya.

Baca juga : Perkuat Barisan, Giliran Gardu Ganjar Muda Tangerang Deklarasikan Dukungan 

Diketahui, survei LSJ dilaksanakan medio 14-24 Agustus 2023 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis. Margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.