Dark/Light Mode

Gandeng Agustina Wilujeng Pramestuti

Sandiaga Beri UMKM Sragen Beasiswa Wirausaha Di Acara Netas Nemuin Komunitas

Jumat, 15 September 2023 15:01 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berkolaborasi dengan Agustina Wilujeng Pramestuti Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Wakil Ketua Komisi X, hadir dalam acara Netas Nemuin Komunitas, di Warso Waroeng Ndeso, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (Foto; Ist)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berkolaborasi dengan Agustina Wilujeng Pramestuti Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Wakil Ketua Komisi X, hadir dalam acara Netas Nemuin Komunitas, di Warso Waroeng Ndeso, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (Foto; Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berkolaborasi dengan Agustina Wilujeng Pramestuti Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Wakil Ketua Komisi X), hadir dalam acara 'Netas' Nemuin Komunitas, di Warso (Waroeng Ndeso), Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. 

Sandiaga berinteraksi dengan 55 komunitas yang beragam, mulai dari UMKM, pelaku fashion, dan banyak lainnya. Adapun yang membuat acara ini semakin spektakuler adalah pemberian beasiswa wirausaha, yang tak hanya memotivasi, tetapi juga menandai semangat kebangkitan ekonomi di kalangan peserta.

Kebangkitan ekonomi untuk para komunitas adalah salah satu prioritas yang penting dalam memajukan perekonomian suatu daerah.

Antusiasme peserta yang hadir, yang sebagian besar adalah emak-emak menandakan semangat yang luar biasa di kalangan pelaku ekonomi kreatif. Namun, tantangan-tantangan seperti pemasaran, desain kemasan, biaya pengiriman, promosi, dan peningkatan pemanfaatan teknologi masih menjadi batu loncatan yang perlu diatasi bersama. 

Baca juga : Menparekraf Sandiaga Beri Solusi Permasalahan Lapangan Kerja Baru Bagi Milenial

Sandiaga Uno, dalam momen ini menekankan pentingnya peran pemerintah yang bekerja sama dengan komunitas dan pemerintah daerah, dalam membantu para komunitas atau UMKM untuk menghadapi tantangan ini.

"Kita melihat antusiasme para UMKM yang di dominasi oleh emak-emak, ini menunjukan semangat dari UMKM ekonomi kreatif bangkit," ujar Sandiaga, Kamis (14/9).

"Ini membutuhkan peran lebih dari pemerintah, salah satunya ada masalah pemasaran, kemasan, ongkos kirim, dan promosi, maupun peningkatan aplikasi. Semua akan kita tindak lanjuti bersama," lanjut Sandiaga. 

Di samping itu, Sandiaga Uno juga menyampaikan harapannya bahwa Komisi X bisa menangkap aspirasi dan menuangkannya dalam bentuk pengawasan dan alokasi anggaran di masa depan.

Baca juga : Menparekraf Sandiaga Beri Beasiswa Wirausaha Kepada Ratusan Milenial Makassar

"Ini bagian dari tugas kita, sesuai arahan Pak Presiden Jokowi untuk berada di tengah-tengah masyarakat dan menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru pada tahun 2024," kata Sandiaga. 

Adapun hadiah beasiswa wirausaha kepada peserta, beasiswa ini dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usaha mereka, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta menciptakan lapangan kerja baru di daerah tersebut.

Ini merupakan contoh nyata dari upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi UMKM, yang pada gilirannya akan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di Sragen.

"Terima kasih kepada Bu Agustina yang ikut bersama-sama memfasilitasi. Wirausaha kita ini ingin meningkatkan kompetensinya, mereka ingin mengikuti pelatihan dan kita menyediakan beasiswa agar mereka meningkatkan ilmu pengetahuan di era digitalisasi. Mudah-mudahan pemenang beasiswa bisa ditingkatkan sehingga bisa naik kelas dan berdaya saing," ungkap Sandiaga. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Beri Bantuan Portal Untuk Keamanan Warga Di Muaro Jambi

Dalam upaya mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024, Sandiaga Uno mengarahkan para wirausaha untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. 

Dari informasi, sebanyak 55 komunitas yang hadir ada diantaranya yaitu Genpi, Gemawira, IPDA, SEEKER Revolution, Kubis, dan yang lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.