Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akselerasi Pembangunan Pariwisata, Sandiaga Terapkan Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi

Kamis, 25 November 2021 11:51 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak masyarakat menerapkan tiga strategi utama agar mampu bangkit dari pandemi Covid-19. Ketiga strategi itu adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Selain mampu bertahan di saat pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus mulai memformulasikan arah kebijakan program dan strategi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) ke depan.

"Dua tahun terakhir ini pandemi Covid-19 menyebabkan target capaian kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) kita terganggu. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara mengalami kontraksi atau penurunan," ujar Sandi, dal acara Economic Outlook 2022 bertema "Akselerasi Pembangunan Pariwisata 2022", Selasa (23/11), dikutip Kamis (25/11).

Baca juga : BCA Fasilitasi Pembiayaan Kawasan Pergudangan Eraprima Industrial Park

Hal ini berdampak pada menurunnya jumlah okupansi hotel dan penurunan devisa. Beberapa pelaku industri dan pengusaha parekraf juga mengalami penurunan pemasukan, menutup saham, dan tak sedikit pekerja parekraf yang dirumahkan serta kehilangan pekerjaan.

Namun di saat yang bersamaan, lanjut Sandi, kita harus menumbuhkan optimisme dan harapan. Sebab, 34 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor ini.

"Percayalah badai pasti berlalu. Kemenparekraf juga telah hadir dengan aktif menerapkan program yang berkeadilan dan tentunya tepat waktu, sasaran dan tujuan. Mulai di fase tanggap darurat di awal terjadinya pandemi sampai ke fase pemulihan saat ini," ungkapnya.

Baca juga : Puji Keindahan Tana Toraja, Sandiaga: Wisata Cukup Di Indonesia Aja...

Ditegaskannya, Kemenparekraf terus aktif memperlancar program dalam penanganan kesehatan, memberikan perlindungan sosial, intensif ke dunia usaha, memfasilitasi peningkatan SDM parekraf, dan tetap gencar mendukung program vaksinasi di wilayah destinasi wisata.

"Berkat kolaborasi semua pihak kita berhasil atasi pandemi Covid-19 dengan baik. Kita dapat kabar baik menurun kasus Covid-19 dan adanya relaksasi untuk destinasi wisata dan mulai ramai dikunjungi para wisatawan, termasuk sport tourism seperti World Superbike (WSBK) di Mandalika, NTB. Semoga pariwisata kita terus meningkat dan membaik," harap Sandi.

Ia pun mengajak masyarakat Indonesia, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, untuk bangkit semua dari keterpurukan atau dari masa sulit, agar bisa menang melawan Covid-19. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.