Dark/Light Mode

Gandeng Gekrafs Jawa Timur

Menparekraf Sandiaga Beri Solusi Permasalahan Lapangan Kerja Baru Bagi Milenial

Selasa, 1 Agustus 2023 11:39 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gekrafs Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional menggelar acara yang dikemas dalam Ngobrol Pintar Ngopi Ekonomi Kreatif di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (31/7). (Foto: Ist)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gekrafs Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional menggelar acara yang dikemas dalam Ngobrol Pintar Ngopi Ekonomi Kreatif di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (31/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) menggelar acara yang dikemas dalam "Ngobrol Pintar (Ngopi) Ekonomi Kreatif" di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Gresik yang mampu bangkit dalam segala resiko untuk bersama-sama menciptakan solusi peluang usaha serta membuka lapangan pekerjaan.

"Ngobrol Pintar ini kita bertemu pelaku ekonomi kreatif yang sangat semangat membantu menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja. Saya mengapresiasi Bupati Gresik telah berhasil meningkatkan ekonomi, tapi masih banyak masyarakat yang kesulitan dan kesusahan mereka bingung melihat situasi ekonomi terutama mengenai ketersediaan lapangan kerja dari kalangan muda, kalau ibu-ibu protes harga bahan pokok terasa membebani," kata Sandiaga Uno di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (31/7).

Baca juga : Ganjaran Buruh Adakan Pelatihan Digital Marketing Untuk Pekerja Muda Di Kuningan

"Ekonomi kreatif memberikan solusi kepada kedua permasalahan tersebut, karena bisa membuka usaha dan lapangan kerja dan melalui digitalisasi memastikan harga-harga bahan pokok itu stabil," tambahnya. 

Mantan Wakil Gubernur Jakarta ini menuturkan pengembangan dan pemulihan ekonomi kreatif di Indonesia bisa berlangsung baik dengan berbagai kreatifitas dan inovasi yang ada. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dilihat dari stabilnya sejumlah harga-harga kebutuhan pokok.

Baca juga : Sri Mulyani Perkuat Kerja Sama Bilateral

"Saya akan all out melihat bagaimana kita bisa memulihkan ekonomi dan bisa menghadirkan solusi sesuai harapan masyarakat. Persoalan dapat pulih melalui aplikasi teknologi, ini proses usaha kita dengan peningkatan pasokan, lancarnya distribusi, juga kesejahteraan dari masyarakat harga-harga bahan pokok yang terjangkau," tutur Sandi.

Dalam hal politik, generasi milenial dinilai memiliki ketertarikan. Menurut Menparekraf, anak muda diharapkan dapat fokus ciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang terbuka untuk menghadirkan solusi permasalahan Indonesia.

Baca juga : Gandeng Kalog, Distribusi Perikanan Lewat Kereta Meningkat Tajam

"Kegiatan ini harapannya supaya masyarakat fokus bahwa kontestasi demokrasi bukan hanya politik mencari kekuasaan atau jabatan, namun pengabdian pemberdayaan kontestasi yang membuka peluang usaha. Dari diskusi tadi kita bisa melihat animo milenial memang ada ketertarikan politik, tapi kita mengarahkan mereka fokus dulu dibidang ekonomi ciptakan peluang buat anak muda, lapangan kerja yang terbuka, hadirkan solusi-solusi. Jadi mereka tidak hanya ikut meramaikan tanpa ada manfaatnya," jelas Sandi.

Sandiaga Uno mengapresiasi Cak Rian sebagai Ketua Gekrafs Jawa Timur dan Gus Yani selaku Bupati Gresik. Dikarenakan acara tersebut bisa dikemas dengan menarik, ia pun menginginkan program bermanfaat dapat terus digulirkan supaya ekonomi Indonesia terus bertumbuh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.